Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tiga Atlet Para Badminton Indonesia Dinobatkan sebagai Pemain Terbaik BWF 2023
26 Februari 2024
Tiga Atlet Para Badminton Indonesia Dinobatkan sebagai Pemain Terbaik BWF 2023
 
 

Atlet para badminton Indonesia mampu menjadi yang terbaik dalam BWF Player of The Year Award 2023. Sebanyak dua kategori mampu direbut oleh pemain-pemain Indonesia di Penghargaan Pemain Terbaik BWF tahun ini. Pemberian penghargaan ini dilakukan berbarengan dengan pertandingan final Kejuaraan Dunia Para Badminton 2024 yang diadakan di Pattaya, Thailand, Minggu (25/2).

Penghargaan tersebut diberikan kepada Rina Marlina sebagai Pemain Terbaik Putri para badminton dan ganda campuran Leani Ratri Oktila/Hikmat Ramdani yang menyabet penghargaan Pasangan Para Badminton Terbaik 2023.

Rina mengalahkan kandidat lainnya yakni Sarina Satomi (Jepang), Pilar Jauregui Cancino (Peru), Thulasimathi Murugesan (India), Man-Kei To (Belgia), serta rekan senegaranya Leani Ratri Oktila.

“Saya sangat tidak menyangka bisa mendapat penghargaan pemain terbaik BWF 2023 karena mungkin untuk bisa mendapatkan penghargaan ini tidak mudah dan mungkin di luar sana banyak yang lebih bagus ketimbang saya, saya sangat bersyukur sekali mendapat kan penghargaan ini,” kata Rina.

Untuk kategori Pasangan Terbaik, Ratri/Hikmat mengungguli sejumlah nominasi lainnya seperti Muhammad Fareez Anuar/Cheah Liek Hou (Malaysia), Sarina Satomi/Yuma Yamazaki (Jepang), serta dua pasangan Indonesia lainnya yakni ganda campuran Subhan/Rina Marlina dan ganda putri Khalimatus Sadiyah/Leani Ratri Oktila.

Menurut Ratri, penghargaan ini merupakan gelar keempatnya setelah sebelumnya ia mampu merebut gelar Pemain Putri Terbaik BWF pada tahun 2018, 2019 dan periode 2020-2021.

“Saya sangat bangga masih bisa meraih penghargaan kategori pasangan terbaik. Penghargaan ini merupakan yang keempat kalinya bagi saya untuk mendapatkan penghargaan dari BWF. Sebelumnya saya sudah memenangi tiga penghargaan sebagai Female Player of The Year BWF,” ungkap Ratri.

“Alhamdulillah atas penghargaan BWF Para Badminton Of The Year ini. Saya sangat bangga atas perjuangan dari awal hingga bisa mendapatkan penghargaan ini,” timpal Hikmat.

Kesuksesan Rina, Ratri dan Hikmat menjadi pemain terbaik dunia BWF disambut gembira oleh NPC Indonesia. Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia, Rima Ferdianto mengatakan ketiga pemain ini pentas mendapatkan pemain terbaik dunia karena konsisten meraih prestasi sepanjang 2023.

“Intinya kami bersyukur atas penghargaan bagi Rina, Ratri dan Hikmat karena prestasi mereka konsisten sepanjang tahun lalu sehingga diberi penghargaan sebagai pemain terbaik dunia,” ungkap Rima.

“Penghargaan ini sangat pantas bagi mereka. Semoga penghargaan ini juga menjadi penyemangat bagi mereka untuk meraih prestasi tertinggi di Paralimpiade nanti,” harap Rima.

Trofi pemain terbaik BWF semakin melengkapi prestasi manis kontingen para badminton Indonesia yang mampu meraih tiga gelar juara dalam Kejuaraan Dunia Para Badminton 2024. (NAF/NPC)