Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [SEA Games 2015] Ganda Putra Indonesia atasi Malaysia
01 Januari 2005
[SEA Games 2015] Ganda Putra Indonesia atasi Malaysia
 
 

Dua pasang ganda putra Indonesia yang bertanding hari ini (13/6) melawan ganda Malaysia sukses memulangkan kedua ganda negeri Jiran. Baik pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon dan juga pasangan Ricky Karanda Suwardi keduanya sama-sama mengantongi kemenangan dari ganda Malaysia yang juga di turunkan pada saat nomor beregu dimainkan di ajang SEA Games 2015. Dengan kemenangan ganda Indonesia atas Malaysia membuat negeri Jiran tak lagi memiliki wakil dari ganda putra.

Kabar kemenangan pertama diberitakan oleh pasangan ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon. Pasangan yang baru awal tahun disandingkan ini, berhasil melakukan aksi balas dendam dari pasangan Malaysia Goh V Shem/Tan Wee Kiong yang diunggulkan di posisi kedua. Kekalahan yang diderita pada kejuaraan Swiss Open Grand Prix Gold 2015, rupanya dipelajari dengan baik oleh Kevin dan Marcus. Sempat kalah di game pertama dengan 12-21, Kevin/Marcus membalasnya di game kedua dengan 21-10. Baik Kevin maupun Marcus menyadari jika ganda Malaysia, terutama Goh memiliki smash yang keras. Mereka pun lantas memainkan gaya permainan no lob atau tidak menaikkan bola. Taktik ini berjalan jitu. Di game penentuan, ganda Indonesia mampu menang dengan 21-17.

“Di awal permainan kami sempat panik karena lawan punya pukulan yang kencang, tenaga mereka kuat. Namun kami siasati dengan bermain lebih taktis, kami unggul permainan depan.  Kali ini kami tampil lebih siap,” ujar Marcus seperti yang dilansir website PBSI.

“Bedanya dengan pertemuan sebelumnya, kali ini kami tampil lebih tenang dan sabar. Kalau sebelumnya masih buru-buru. Kami juga mengantisipasi smash Goh yang kencang. Memang di pertemuan kali ini, target kami mau balas kekalahan dari mereka,” tambah Kevin.

Besok (14/6) Kevin/Marcus akan bertemu dengan pasangan tangguh lainya. Pasangan Thailand Bodin Issara/Nipitphon Puangpuapech akan menjadi lawan di babak perempat final.

Kalau soal peluang pasti ada. Memang hasil undian menentukan kami dari awal bertemu lawan-lawan yang bagus. Tapi kami percaya lawan yang sulit adalah diri sendiri,” tambah Kevin.

Kemenangan juga diraih unggulan pertama, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi juga atas ganda Malaysia lainnya, Mak Hee Cun/Teo Kok Siang dengan skor, 21-17, 21-17.

“Kami merasa sudah maksimal di pertandingan pertama perorangan ini. Tetapi finishingnya masih terburu-buru. Mungkin karena sudah unggul, kami agak kendor. Kami tahu ini tidak boleh terjadi,” ujar Angga.

Pasangan Philipina Vivas Paul Jeferson/Magnaye Peter Gabriel akan menjadi lawan bagi Angga/Ricky di babak perempat final.