Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Indonesian Masters 2014] Dinilai Baik Oleh BWF
16 September 2014
[Indonesian Masters 2014] Dinilai Baik Oleh BWF
 
 

Penyelenggaraan kejuaraan Indonesian Masters 2014 yang diselenggarakan 9-14 September 2014 lalu, berdekatan dengan Asian Games 2014. Hal ini membuat sejumlah juara bertahan dan beberapa pemain top baik asal Indonesia maupun asing tak dapat hadir. Meskipun demikian, ini tak menurunkan animo para penonton untuk memadati stadion Dempo, Jakabaring.

“Pemain-pemain di Asia memang sedang fokus ke Asian Games, selain itu di beberapa negara juga sedang berlangsung liga bulutangkis. Sehingga pemain asing tidak begitu banyak yang hadir. Namun ini ada manfaatnya untuk tuan rumah, pemain Indonesia banyak yang bisa tampil,” ucap Budiharto kepada badmintonindonesia.org.

Dari segi penyelenggaraan, ajang ini juga mendapat penilaian yang baik dari federasi bulutangkis dunia (BWF). Seperti diungkapkan Budiharto, pihak BWF menyampaikan bahwa turnamen GP Gold di Palembang ini lebih baik dari penyelenggaraan turnamen sekelas di Amerika Serikat, India dan Vietnam.

Penonton berikan semangat kepada Firman

“Menurut hasil review BWF, penyelenggaraan turnamen ini rapi dan animo penonton bagus. Dibandingkan dengan tahun lalu di Yogyakarta, tahun ini lebih baik. Bahkan dari penyelenggaraan di Amerika Serikat, India dan Vietnam, kita juga lebih baik. Tetapi masih kalah dengan Belanda,” ujar Budiharto.

Kota Denpasar di Bali dan Makassar di Sulawesi Selatan disebut-sebut sebagai dua daerah yang dipertimbangkan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang Indonesia Masters 2015. Namun hal ini belum dapat dipastikan hingga batas waktu pengajuan proposal penyelenggaraan turnamen ke BWF pada pertengahan Desember 2014 nanti.

“Ada permintaan untuk penyelenggaraan di Denpasar, namun permasalahannya di Bali ini adalah animo penonton yang kurang. Makassar juga menjadi salah satu calon tuan rumah untuk kejuaraan yang sama tahun depan,” ujar Budiharto.

“Pokoknya kita tunggu saja keputusannya, PBSI harus betul-betul fokus pada penyelenggaraan turnamen di tahun 2015 karena akan ada banyak turnamen yang akan dilangsungkan di Indonesia termasuk BWF World Championships 2015,” kata Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI ini.

Indonesia memang bakal menggelar sederet turnamen bergengsi pada tahun depan diantaranya Indonesia Open Super Series Premier, BWF World Championships, Indonesia International Challenge 2015, Indonesia Junior Challenge, Indonesian Masters 2015, dan sebagainya.