Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Maldives International Challenge 2013] Arya/Alfian Ke Perempat Final
07 Juni 2013
[Maldives International Challenge 2013] Arya/Alfian Ke Perempat Final
 
 

Memasuki bulan Juni 2013, kalender bulutangkis internasional menjadi salah satu bulan paling padat turnamen yang diikuti oleh atlet-atlet tanah air. Selain Thailand Open Grand Prix Gold yang digelar di negeri gajah putih, juga digelar pula Maldives International Challenge 2013 yang diselenggarakan diwaktu yang bersamaan. Indonesia pun menurunkan dua pasangan ganda putranya, dimana Arya Maulana Aldiartama yang kini berduet dengan Alfian Eko Prasetyo menjadi satu-satunya wakil tersisa setelah rekannya Rafiddias Akhdan Nugroho/Kevin Sanjaya Sukamuljo harus terhenti di babak pertama.

Digelar kemarin (6/6), Rafiddias/Kevin gagal mengatasi duet veteran Hwang Ji Man yang berduet dengan Kim Dae Sung. Unggulan tiga itu terjungkal dalam laga dua game langsung ditangan ganda Korea itu dengan, 17-21 dan 19-21. Namun, kekalahan ini berhasil ditutupi oleh manisnya dua laga kemenangan Arya/Alfian.

Diunggulkan ditempat keempat Arya/Alfian berhasil mengantongi dua kemenangan di dua babak awal turnamen yang memperebutkan hadiah total US$ 15.000 itu. Di babak pertama, Arya/Alfian berhasil mengandaskan ganda gado-gado asal Jepang/Maladewa, Miura Tokio/Mohamed Nashfan dalam dua game langsung, 21-12 dan 21-15.

Sementara di babak kedua yang digelar pada malam hari mulai pukul 21.00 waktu setempat, Arya/Alfian berhasil menundukkan Amila Chamin Fernando/Kindelpitiyage Lasitha Me Karunathilaka asal Sri Lanka. Dalam pertarungan yang hanya berdurasi 18 menit ini, Arya/Alfian berhasil mengubur harapan ganda itu dengan skor cukup telak 21-16, 21-7.

"Target kami berdua minimal bisa menembus babak semifinal, kami belum tahu nanti akan berhadapan dengan siapa, yang jelas kami ingin bermain semaksimal mungkin dan step by step saja," ujar Arya.

Di babak perempat final, ia dan pasangannya akan berhadapan dengan Chang Ko-Chi/Liao Chi-Hung. Ganda asal Taipei ini lolos ke perempat final usai mengalahkan unggulan delapan asal India, Nandagopal K/Hema Nagendra Babu T dengan 21-16, 21-19.

Diatas kertas, pasangan Arya/Alfian berada jauh diatas Nandagopal/Hema, namun hal ini bukan menjadi alasan mereka untuk tidak memperhitungkan kekuatan lawan. Arya mengaku tetap waspada terhadap lawan-lawannya.

"Kami akan tetap waspada, dan semoga bisa diberi kelancaran," pungkasnya.

Jika mampu lolos ke babak semifinal, kemungkinan Arya/Alfian yang kini menghuni rangking 332 dunia itu akan berhadapan dengan unggulan pertama Diju V/Alwin Francis, dengan catatan duet India ini mampu mengatasi Chiang Yu-Wei/Lee Yang di perempat final yang dijadwalkan akan digelar malam ini. (IR)