Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Daihatsu Indonesia Masters 2023] Marcus Cedera, The Minions Putuskan Mundur
26 Januari 2023
[Daihatsu Indonesia Masters 2023] Marcus Cedera, The Minions Putuskan Mundur
 
 

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon memutuskan mundur dari Daihatsu Indonesia Masters 2023. Keputusan tersebut harus diambil setelah Marcus mengalami cedera otot perut, saat melakoni laga di babak dua, Kamis (26/1).

Pebulutangkis kelahiran Jakarta, 9 Maret 1991 itu mengaku merasakan nyeri sejak pertengahan game pertama saat melawan wakil China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. Akhirnya pasangan berjuluk The Minions itu menyerah dalam kedudukan 21-19, 8-21, 6-11.

"Saya sudah melakukan yang terbaik di laga ini. Sayang di tengah jalan terjadi masalah, ya harus menerima. Saya ingin memaksa, tapi jika menang belum tentu meraih kemenangan juga. Saya sudah berbicara dengan Kevin mengenai hal ini di tengah jalan dan saya tidak mau memaksa," ungkap Marcus.

Di sisi lain Kevin terus memberikan dukungan kepada rekannya. Ia menilai keputusan mundurnya Marcus di pertandingan babak 16 besar sudah tepat, mengingat jika dipaksa bisa terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Menurut saya ini keputusan yang terbaik ya untuk recovery," pungkas Kevin.

Marcus sendiri sebelumnya sudah pernah mengalami cedera di bagian otot perut saat tampil di tiga turnamen dalam rangkaian Indonesia Badminton Festival 2021 di Nusa Dua, Bali.

Saat ini belum diketahui pasti cedera yang dialami Marcus. Ia akan melakukan tes medis terlebih dahulu untuk memastikan cedera yang dialami.

Sementara itu Kepala Pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi mengaku sudah mengetahui kondisi Marcus yang mengalami cedera. Hal tersebut ia katakana terlihat dari beberapa gerakan dan gestur tubuh, Marcus melakukan permainan yang terbatas sehingga tidak begitu leluasa dalam menyerang.

Dengan semangat juang ingin menang yang tinggi, tim pelatih memilih untuk mempersilahkan anak asuhnya itu bermain terus di atas lapangan. Akhirnya saat game kedua, Marcus sempat berbicara kepada tim pelatih dan akhirnya diberikan saran untuk mundur.

"Saya sudah lihat Gideon sudah tertarik otot perutnya di game pertama. Baru di game kedua saat break, Gideon mulai bilang dan berbicara ada masalah di bagian perut. Saya langsung teringat cedera kambuhan Gideon saat di Bali tahun lalu," ujar Herry.

Lebih lanjut Herry berharap kedepannya, Marcus bisa sembuh dan The Minions bisa kembali ke performa terbaiknya.

"Pemulihan membutuhkan waktu, saya rasa dengan kerja keras ekstra saya berharap mereka bisa kembali seperti dahulu. Meski tidak 100 persen, saya berharap mereka masih bisa punya motivasi kembali ke performa terbaiknya," tambah Herry.

Adapun untuk Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi di perempat final akan berhadapan dengan pemenang laga antara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Chang Ko-Chi/Po Li-Wei (Taiwan). (NAF)