Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia Championships 2013] Ganda putra Pelatnas beristirahat, Indonesia diperkuat dua pasangan
17 April 2013
[Badminton Asia Championships 2013] Ganda putra Pelatnas beristirahat, Indonesia diperkuat dua pasangan
 
 

Ganda putra Cipayung akhirnya memutuskan untuk mengistirahatkan para pemainnya di Badminton Asia Championships (BAC) 2013 kali ini. Marathon-nya pertandingan dalam dua bulan terakhir membuat mereka mengantongi nilai yang cukup untuk bisa lolos kualifikasi agar bisa beraksi di Kejuaraan Dunia. Maka dari itu, Kejuaraan Asia sengaja dilewatkan. Sebelumnya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan memang direncanakan untuk bermain di BAC, namun karena raihan mereka di Australia Open Grand Prix Gold cukup baik, mereka diputuskan untuk mundur dari BAC.

Namun bukan berarti Indonesia tanpa wakil di sektor ini. Ada dua ganda yang membawa merah putih di kejuaraan yang kali ini digelar di Taipei yakni Markis Kido/Alvent Chandra Yulianto serta pasangan Yonathan Suryatama Dasuki asal PB Djarum yang berduet dengan Hendra Aprida Gunawan yang baru melepas masa lajangnya awal bulan ini.

Kido/Alvent sudah langsung dihadapkan dengan unggulan. Adalah pasangan Jepang Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata yang akan mereka jumpai di babak pertama. Namun mereka punya catatan baik atas Hashimoto/Hirata. Mereka mengantongi satu kemenangan atas ganda yang kini menghuni rangking 11 dunia itu. Kido/Alvent menang 21-17, 21-19 di kualkifikasi Piala Thomas tahun 2010 lalu.

Jika mampu mengulang kesuksesannya di Thailand kala itu, Kido/Alvent kemungkinan akan ditantang ganda putra Malaysia, Goh V Shem/Lim Khim Wah. Sementara Hong Wei/Shen Ye akan menjadi kandidat kuat untuk mereka hadapi di perempat final.

Sedangkan Yonathan atau yang akrab dipanggil Yoke, akan bersua dengan ganda muda dinamis milik Thailand, Maneepong Jongjit yang kali ini berduet dengan Nipitphon Puangpuapech pasca Olimpiade 2012 lalu. Keduanya belum pernah bersua, di atas kertas Yoke/Hendra memiliki peringkat yang lebih baik, yakni rangking 20 dunia, namun ganda Thailand berada di rangking 112 hanya masalah waktu. Ganda ini memiliki variasi bola dan pukulan yang cukup menarik, patut diwaspadai.

Di babak kedua mereka diprediksi akan berhadapan dengan finalis Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2012, Chai Biao/Guo Zhendong yang kali ini diunggulkan di tempat kelima. Perjumpaan ini pun akan menjadi yang pertama.

Kedua pasangan Indonesia ini berada di dua pool berbeda. Kido/Alvent ada di bagian atas drawing bersama dengan unggulan pertama Lee Yong Dae/Ko Sung Hyun, sedangkan Yoke/Hendra ada di papan bawah bersama dengan Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa. Keduanya, jika mampu menggebrak dan membuat kejutan, bisa saling bersua di partai puncak. (IR)