Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [BWF World Tour Finals 2019] Penentuan Bagi Indonesia
13 Desember 2019
[BWF World Tour Finals 2019] Penentuan Bagi Indonesia
 
 

Hari ini (13/12) akan menjadi hari penentuan nasib bagi sebagian besar pemain Indonesia yang berlaga pada kejuaraan bulutangkis BWF World Tour Finals 2019 yang berlangsung di Guangzhou, Tiongkok. Jika ingin meneruskan perjuangan ke babak semifinal, maka mereka harus memenangkan sisa pertandingan terakhir di putaran grup. Tetapi itupun tidak cukup, karena selain harus menang, para pemain Indonesia juga masih harus melihat hasil kemenangan dari pemain-pemain lain yang berada satu grup.

Hal ini juga berlaku bagi ganda nomor satu Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Posisi Kevin/Marcus berada dalam ujung tanduk. Meski sudah mengantongi satu kemenangan saat mengalahkan ganda Tiongkok Li Junhui/Liu Yuchen, posisi ganda nomor satu asal Indonesia berubah setelah pada pertandingan kedua kemarin (13/12) dikalahkan oleh ganda dari Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dengan 11-21, 21-14, 11-21.

Nasib ganda campuran Indonesia Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja juga akan ditentukan hari ini. Jika kalah pada pertandingan terakhir, maka peluang Hafiz/Gloria akan tertutup. Hari ini Hafiz/Gloria akan menantang pasangan dari Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Dua tunggal putra Indonesia juga berada dalam posisi tidak aman. Baik Jonatan Christie maupun Anthony Sinisuka Ginting baru membukukan satu kemenangan dan menderita satu kali kekalahan. Posisi Jonatan masih diurutan ketiga pada Grup A sementara posisi lebih baik didapat Anthony yang menempati posisi kedua pada Grup B. Mau tidak mau keduanya harus mengambil kemenangan cepat pada pertandingan terakhir putaran grup. Nasib Jonatan akan ditentukan pada pertandingan melawan Kento Momota. Antony hari ini akan meladeni permainan Viktor Axelsen.

Tiket babak semifinal sudah dipastikan jatuh ke tangan pasangan ganda putra senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Sejauh ini, ganda putra nomor dua dunia ini sudah mengantongi dua kali kemenangan. Hari ini  mereka akan berjuang menentukan posisi juara grup melawan ganda dari China Taipei Lee Yang/wang Chi Lin. Siapa yang muncul sebagai pemenang, maka mereka berhak menduduki peringkat pertama Grup B.

Sementara itu peluang bagi pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti serta ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu sudah tertutup. Keduanya sudah menelan dua kali kekalahan dari tiga laga yang harus dimainkan. Meski sudah tidak lagi menentukan, Praveen/Melati akan bertanding di pertandingan terakhir melawan Zheng Si Wei/Huang Yaqiong sementara Greysia/Apriyani akan menjamu ganda Tiongkok Du Yue/Li Yin Hui. (AR)