Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Osaka International Challenge 2014] Rijal/Vita Juara di Osaka
07 April 2014
[Osaka International Challenge 2014] Rijal/Vita Juara di Osaka
 
 

Indonesia yang diwakili oleh atlet-atlet PB Djarum diajang Osaka International Challenge 2014 akhirnya berhasil membawa pulang gelar juara. Satu gelar berhasil dibawa pulang oleh ganda campuran Muhammad Rijal/Vita Marissa.

Menghadapi ganda muda Korea, Choi Sol Kyu/Chae Yoo Jung di babak final, pasangan senior ini sempat dipaksa bermain rubber game. Kejar mengejar angka pun memang tak bisa dihindari disepanjang pertarungan ini. Pertemuan antara unggulan kedua dan pertama ini berlangsung sengit. Rijal/Vita sempat tertinggal jelang akhir game pembuka, dimana mereka tertinggal 15-17. Namun pengalaman membawa mereka untuk bisa menutup game pertama dengan 21-18.

Berada dibawah tekanan, Rijal/Vita tak mampu membalik keadaan. Tertinggal sejak game kedua dimulai, mereka bahkan hanya mampu satu kali menyamakan kedudukan yakni 6-6. Setelah itu mereka terus tertinggal dan akhirnya harus memainkan game ketiga setelah kalah 17-21.

Pasangan yang memperkuat Korea di ajang Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2013 itu bahkan sempat berada diatas angin, Rijal/Vita terus tertekan bahkan tertinggal dengan skor mencolok 13-18. Namun, mereka pun akhirnya memperlihatkan kelasnya dan justru gelar bisa mereka bawa pulang setelah meraih delapan angka beruntun 21-18.

Tuan rumah sendiri berhasil memboyong tiga dari empat gelar yang memungkinkan mereka raih. Jepang berhasil meraih gelar melalui tunggal putrinya Yui Hashimoto yang menang telak 21-13 dan 21-14 atas rekan senegaranya Anna Doi. Sementara Kenta Kazuni/Kazushi Yamada berhasil menaklukkan wakil Korea, Jun Bong Chan/Kim Duck Young di ganda putra dengan angka 21-19 dan 21-11. Sedangkan gelar ketiga disumbang oleh Shizuka Matsuo/Mami Naito yang menang 24-22 dan 21-6 dari kompatriotnya Kugo Asumi/Yui Miyauchi. Gelar tunggal putra dibawa ke Hong Kong oleh Ng Ka Long yang menundukkan wakil tuan rumah Riichi Takeshita, 21-13 dan 21-12. (IR)