Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Australian Open Grand Prix Gold 2013] Komala/Jenna Tempati Unggulan
01 April 2013
[Australian Open Grand Prix Gold 2013] Komala/Jenna Tempati Unggulan
 
 

Pasangan binaan PB Djarum, Komala Dewi/Jenna Gozali menempati unggulan pada kejuaraan Australian Open Grand Prix Gold 2013. Di kejuaraan yang akan berlangsung dari tanggal 2 hingga 7 April 2013 ini, ganda putri yang kini menempati peringkat 31 dunia di kepung  pemain tuan rumah. Tak hanya datang dari Australia, saingan terberat juga akan datang dari ganda putri China, Taipei dan Thailand.

Mengawali pertandingan pertama, finalis kejuaraan India Open Grand Prix Gold 2012 ini baru bertemu dengan pasangan tuan rumah Australia Jacqueline Guan/Gronya Somervile yang masih berada di luar 100 besar dunia. Jika menang, pasangan China Ting Xiao/Xiong Rui rasanya akan menjadi lawan berikutnya. Dalam catatan yang ada pada badan buluangkis dunia, ganda China ini belum memiliki peringkat dunia. Tetapi China tetaplah China. Setiap pemain yang di kirim ke setiap turnamen biasanya memiliki kemampuan yang baik.

Di pool yang sama juga terdapat pasangan ganda putri Indonesia lainnya Greysia Polii/Anggia Shita Awanda. Pasangan yang belum lama disatukan ini kembali diberangkatkan untuk ketiga kalinya. Di dua turnamen awal, pasangan ini belum berprestasi maksimal. Babak kedua All England masih menjadi prestasi terbaiknya. Amanda Brown/Kritteka Gregory menjadi lawan pertama Greysia/Anggia. Semestinya ganda putri Indonesia ini bisa mengatasi permainan lawan dan melangkah mulus ke babak kedua. Persaingan ketat baru akan terjadi di babak kedua. Ganda China Chen Qingchen/Huang Dongping atau unggulan kelima Jang Ye Na/Kim So Young dari Korea Selatan akan menjadi lawan berikutnya.

Pemimpin unggulan ganda putri pada kejuaraan berhadiah total US$ 120.000,- tidak datang dari China, Denmark atau  Korea Selatan. Unggulan pertama justru datang dari Indonesia melalui Pia Zebadiah Bernadeth/Rizki Amelia Pradipta. Kemungkinan juara Chinese Taipei Grand Prix Gold 2012 untuk sampai ke babak perempat final sangat terbuka. Syaratnya, pasangan yang  kini ada di peringkat 12 dunia harus bisa mengalahkan Ko A Ra/Yoo Hae Won dari Korea Selatan di babak pertama. Karena lawan di babak kedua hanya akan datang dari Selandia baru melalui Anna Rankin/Madeleine Stapleton atau Sonia Su Ya Cheah/Li Lian Yang dari Malaysia. Untuk mendapatkan satu tiket babak semifinal, Yuki Fukushima/Reika Kakiiwa, unggulan keenam asal Jepang  juga harus bisa di singkirkan.

Vita Marissa/Variella Aprilsasi yang ada di daftar unggulan langsung berhadapan dengan ganda China. Vita/Variella yang menempati unggulan delapan sudah harus bertemu dengan Ou Dongni/Tang Yuanting. (AR)