Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Badminton Asia Championships 2013] Suci/Della Taklukan Unggulan Ketiga
18 April 2013
[Badminton Asia Championships 2013] Suci/Della Taklukan Unggulan Ketiga
 
 

Badminton Asia Championship 2013 telah memulai babak pertamanya kemarin (17/4). Di sektor ganda putri, Indonesia yang mengirimkan dua wakilnya. Keduanya langsung berhadapan dengan unggulan ternyata sukses menggebrak Taipei Arena. Baik Suci Rizky Andini/Della Destiara Haris dan Gabby Ristiani/Tiara Rosalia Nuraidah sama-sama berhasil mengalahkan lawan-lawannya dan meluncur ke babak kedua.

Kejutan pertama dibuat oleh Suci/Della, mereka berduel dengan unggulan ketiga Jung Kyung Eun/Kim Ha Na. Berhadapan dengan unggulan ketiga itu, Suci/Della tertinggal cukup jauh di game pertama. Tertinggal 6-11 di interval, mereka tak mampu mengimbangi permainan lawan dan kalah cukup telak 12-21. Namun, penghuni rangking 22 dunia itu pun tak lantas menyerah. Game kedua berlangsung lebih seru.

Menggebrak di awal game dan unggul 10-4, mereka malah kehilangan 6 angka dan balik tertinggal tipis di interval 10-11. Berikutnya pasangan Korea pun kian di atas angin, beberapa kesalahan yang dibuat ganda Indonesia membuat mereka tertinggal 16-19, dan ganda Korea berada di atas angin untuk melangkah ke babak kedua. Tetapi Suci/Della berhasil membalik keadaan, mereka meraih lima angka beruntun dan menang 21-19.

"Pelatih sudah memberi tahu kami kalau sebenarnya pasangan Korea ini tidak terlalu berbahaya, tapi mereka bermain safe. Di game pertama kami terlalu banyak melakukan kesalahan. Tapi di game kedua kami mulai menemukan tempo permainan," ujar Della.

Game ketiga menjadi antiklimaks bagi ganda Korea. Suci/Della berhasil memimpin jauh 11-3 di interval. Mereka pun kian percaya diri dan menguasai pertandingan. Penentu ini ditutup mereka dengan hanya memberikan 9 angka saja bagi Jung/Kim.

"Kami banyak menurunkan bola, karena kalau mematikan melalui smash pasti susah. Pertahanan mereka kuat. Kali ini pun kami bisa memanfaatkan kesempatan. Mereka (Jung/Kim) tidak dalam performa terbaiknya," pungkasnya.

Kemenangan Suci/Della ini sekaligus pembalasan dendam kekalahan mereka di pertemuan pertama. Di Swiss Open Grand Prix Gold 2013, Suci/Della langsung tersingkir di babak pertama usai kalah 7-21, 18-21 dari Jung/Kim.

Kabar baik pun kembali menyapa tanah air. Gebby/Tiara berhasil mengalahkan unggulan delapan asal Thailand, Lam Narissapat/Saralee Thoungthongkam dengan dua game langsung 21-19, 21-19.

Di babak kedua Suci/Della akan bertemu Amelia Alicia Anscelly/Fie Cho Soong dari Malaysia, sementara Gebby/Tiara akan bersua dengan Bao Yixin/Tian Qing dari China. Sayang, catatan baik ganda putri ini gagal diikuti oleh ganda putra. Dua wakil Indonesia langsung tersingkir di laga perdana mereka.

Markis Kido/Alvent Chandra Yulianto gagal mengatasi ganda Jepang Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata dengan 8-21, 23-21 dan 11-21. Sedangkan Yonathan Suryatama Dasuki/Hendra Aprida Gunawan menyerah di tangan Maneepong Jongjit/Nipitphon Puangpuapech juga dengan tiga game 21-16, 13-21 dan 11-21. (IR)