Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Thomas & Uber 2020] Indonesia Ungguli Denmark 2-1
16 Oktober 2021
[Piala Thomas & Uber 2020] Indonesia Ungguli Denmark 2-1
 
 

Indonesia sukses memimpin perolehan angka sementara, 2-1 atas Denmark di semifinal Piala Thomas 2020. Tampil di partai ketiga Jonatan Christie berhadapan dengan Anders Antonsen. Jonatan menang dalam tiga game dengan skor 25-23, 15-21, dan 21-16 dalam waktu 100 menit.

“Kita tahu sebelum laga dimulai, Denmark diunggulkan untuk juara karena memiliki pemain-pemain tunggal yang tangguh. Meskipun begitu, kita juga memiliki ganda-ganda yang kuat. Sehingga kalau bisa mengalahkan salah satu pemain tunggal nereka, kita punya kans menang. Prinsip saya dalam bertanding tadi, saya pokoknya nggak mau kalah saja. Antonsen pernah mengalahkan saya di Jakarta yang merupakan kota kelahiran saya. Sekarang gantian saya bisa nengalahkan Antosen di tempat kelahirannya," jelas Jonatan usai laganya di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu (16/10).

Indonesia sebelumnya sudah mengamankan satu poin dari pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Sementara satu poin pertama, harus dilepas karena Anthony Sinisuka Ginting kalah dari Viktor Axelsen.

"Saya senang bisa menyumbangkan angka. Saya happy dengan penampilan hari ini. Kita tahu Antonsen adalah pemain bagus dan penampilannya menanjak setelah Olimpiade Tokyo lalu,” kata Jonatan

“Saya hanya fokus satu demi satu poin. Di game ketiga Antonsen unggul 6-1, saya hanya berdoa dan berusaha mengeluarkan permainan terbaik saya. Dan saya akhirnya bisa unggul 11-10 dan motivasi saya meningkat jadi bisa memberikan poin untuk Indonesia,” lanjut Jonatan.

Perjuangan Jonatan patut diacungi jempol. Ia berhasil mengeluarkan permain terbaiknya dan menjalankan strategi untuk memenangkan pertandingan. Di sisi lain, Antonsen juga tampak tak bisa berkembang dan kerap melakukan kesalahan sendiri.

“Antosen bermain sangat cepat. Dia bisa bermain menyerang, dari belakang ke depan. Saya tahu itu keunggulannya, jadi saya coba memperlambat permainan dengan banyak reli dan lob. Akhirnya Antonsen mungkin kram, tapi itu bagian dari strategi saya,” ungkap Jonatan.

“Kepercayaan diri saya kembali setelah melawan Wan Tzu Wei, kemarin juga pertandingannya ketat melawan pemain Malaysia dan dalam waktu 75 menit. Lumayan lama, jadi kemarin saya fokus untuk recovery, minum suplemen,” katanya lagi.

Berikut hasil sementara pertandingan Indonesia melawan Denmark (2-1):

Tunggal Putra 1: Anthony Sinisuka Ginting vs Viktor Axelsen: 9-21, 15-21

Ganda Putra 1: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen: 21-13, 10-21, 21-15

Tunggal Putra 2: Jonatan Christie vs Anders Antonsen: 25-23, 15-21, 21-16

Ganda Putra 2: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Mathias Christiansen/Frederik Sogaard

Tunggal Putra 3: Shesar Hiren Rhustavito vs Hans Kristian Solberg Vittinghus

(NAF)