Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [World Junior Championships 2013] Singkirkan China, Indonesia ke Final
26 Oktober 2013
[World Junior Championships 2013] Singkirkan China, Indonesia ke Final
 
 

Sontak Kevin Sanjaya Sukamuljo/Masitta Mahmudin mengepalkan tangan di udara dan bersorak, diikuti oleh teriakan lepas dari Sigit Budiarto dan Imam Tohari yang duduk di kursi official. Sambutan riuh redam rekan satu tim dan pendukung yang hadir pun bergema di Indoor Stadium Huamark, Bangkok. Ini merupakan sebuah gambaran kebahagiaan merah putih yang berhasil melaju ke babak final. Langkah Indonesia ke final pun terasa semakin menjadi kabar bahagia bagi pecinta bulutangkis tanah air, setelah yang ditundukkan di babak semifinal Kejuaraan Dunia Junior (WJC) beregu adalah China.

Indonesia terlebih dahulu tertinggal 0-1 usai ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Arya Maulana Aldiartama gagal mengatasi Liu Yuchen/Zheng Siwei, Zheng sendiri menggantikan Li Junhui yang cedera. Kevin/Arya kalah 21-15, 21-13.

Indonesia samakan kedudukan melalui Hanna Ramadhini yang sukses kembali mengalahkan Qin Jinjing, kali ini Hanna menang 21-18, 21-16. Jonatan Christie mengubah angka menjadi 2-1 untuk keunggulan Indonesia setelah ia menghentikan perjuangan Shi Yuqi dengan 21-14, dan 21-18.

Indonesia sempat terlihat akan segera mengakhiri pertandingan saat Rosyita Eka Putri Sari/Setyana Daniella Florensia Mapasa berhasil unggul 21-16 di game pertama atas Huang Dongping/Jia Yifan, tapi sayang mereka gagal mempertahankan kemenangan dan akhirnya kalah 14-21, 11-21 dan membuat skor imbang 2-2.

Kevin/Masita pun kembali menjadi penentu kemenangan. Mereka berhadapan dengan Huang Kaixiang/Chen Qincheng. Kalah 19-21, Kevin/Masita secara luar biasa membalik keadaan dan membungkus dua game berikutnya dengan 21-16, 21-15.

"Hari ini anak-anak bermain luar biasa,mereka bisa mengeluarkan kemampuan terbaik mereka. Mental mereka di lapangan sangat begitu baik, kita tentu bahagia dengan kemenangan hari ini. Ini merupakan sejarah, pertandingan tadi sudah seperti final sesungguhnya," ujar Chef de Mission, Nusron Wahid usai laga.

Di babak final yang akan digelar besok (27/10), indonesia akan berhadapan dengan Korea setelah tim negeri ginseng itu berhasil menundukkan negara dengan beberapa pemain bintang muda Jepang dengan 3-1.

"Tinggal satu langkah lagi, kita harus tetap fokus karena kekuatan keempat negara yang menjadi semifinalis ini mulai merata malah bisa dikatakan dengan Malaysia dan Thailand, peluang masih ada, kita masih punya kesempatan meski kalah 1-3 di pertemuan terakhir kita," pungkasnya.

Ini merupakan partai ulangan semifinal Kejuaraan Asia Junior (AJC) 2013, dimana kala itu Indonesia menyerah 1-3 dari Korea. Babak final sendiri akan digelar besok mulai pukul 13.30 WIB.