Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > April, Linda Wakili Indonesia ke Babak Dua
28 April 2011
April, Linda Wakili Indonesia ke Babak Dua
 
 

Atlet tunggal putri Indonesia Aprilia Yuswandari dan Lindaweni Fanetri berhasil lolos ke babak kedua India Open Super Series 2011 setelah kekalahan yang dialami seniornya, Adrianti Firdasari dan Maria Febe Kusumastuti. Mereka akan mendapat tantangan berat dari atlet unggulan di laga selanjutnya.

Linda berhasil mengalahkan runner up German Open Grand Prix Gold tahun ini, Ayane Kurihara dari Jepang setelah melalui pertarungan sengit yang berlangsung selama 70 menit. Di game pertama, Ayane selalu berada di atas angin, meninggalkan Linda 6-0, 16-13, dan bahkan sampai 20-18. Namun kemudian Linda tampak “memanas” dan bermain cermat dan rapi. Walaupun tidak banyak smes yang dilakukannya, tetapi ia akhirnya mampu membuat Ayane kewalahan dan bahkan merebut set pertama 24-22.

Ayane membalas kekalahan tersebut di game kedua dengan susah payah. Saat ia sudah memimpin 17-14, tiba-tiba April menyalip dan memimpin 19-18. Ayane pun mengamuk dengan mempercepat tempo dan meluncurkan smes-smes agresif. Ia pun berhasil memenangkan set tersebut dengan tipis, 21-19.

Di set ketigalah untuk pertama kalinya Linda berhasil berada di atas angin sejak awal. Sempat diimbangi Ayane di angka 8-8, setelah itu Linda kembali menepis Ayane dan maju selangkah demi selangkah ke angka 21 dengan ditempel ketat. Hanya saja, jika Ayane sebelumnya memimpin dan Linda menyalip di dua set sebelumnya, di set ketiga ini Ayane tak kuasa menyalip. Linda menang tipis 21-18 di set penentuan tersebut.

Bar tantangan bagi Linda selanjutnya lebih tinggi daripada Ayane. Ialah unggulan ketiga asal Korea Selatan, Bae Youn Joo yang menjadi runner up di final Super Series tahun lalu. Bae menang tanpa keringat setelah Maja Tvrdy (Slovenia) menghentikan pertandingan karena cedera.

Lawan babak kedua April juga tidak kalah santer. Ia akan menghadapi atlet senior unggulan ketujuh, Yao Jie yang menang mudah 21-15 dan 21-6 atas pemain Austria, Simone Prutsch. April pun tak mau kalah. Ia menang mudah 21-12 dan 21-5 atas lolosan kualifikasi asal tuan rumah, Trupti Murgunde.

Sayangnya, dua pemain merah-putih lainnya harus mengemas perlengkapannya kemarin setelah Firda kalah tipis 21-18, 8-21, dan 16-21 dari unggulan kelima asal Jepang, Eriko Hirose, sedangkan Febe kalah 11-21 dan 11-21 dari Gu Juan (Singapura).

Selain Linda dan April, hari ini tim putri Indonesia juga akan menurunkan dua pasangan ganda putrinya untuk bermain, yakni, Meiliana Jauhari/Greysia Polii dan Annisa Wahyuni/Anneke Feinya Agustine. (DC)