Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > China Berpeluang Sapu Bersih
18 Desember 2011
China Berpeluang Sapu Bersih
 
 

Dengan memiliki finalis di semua partai yang dipertandingan di putaran final Super Series 2011, sang tuan rumah, China, berpeluang untuk merebut seluruh gelar juara. Setidaknya, dua sudah di tangan dari tunggal putra dan ganda campuran.

Gelar tunggal putra dan ganda campuran sudah dipastikan jatuh ke tangan China. Lin Dan akan bertemu Chen Long, sedangkan Xu Chen/Ma Jin akan bersua Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Di semifinal, kemarin (17/12), Chen Long berhasil memberi kejutan dengan kemenangan atas datok Lee Chong Wei (Malaysia). Setelah memeras keringat selama 80 menit, Chen Long menang 21-16, 16-21, dan 21-18. Pertandingan tersebut adalah yang terlama sepanjang kejuaraan ini berlangsung. “Rekor” sebelumnya dipegang oleh pertandingan round robin antara Sung Ji Hyun (Korsel) melawan Wang Yihan (China) yang berlangsung selama 72 menit.

Lolosnya Xu/Ma ke final juga cukup mengejutkan. Mereka menang atas Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark) yang sebenarnya lebih diunggulkan. Namun kali ini Xu/Ma bahkan menang langsung dua game, 21-19 dan 21-14.

Di ketiga partai lainnya, China juga memiliki wakil. Hanya saja, mereka akan bertemu dengan perwakilan dari negara lain, sehingga gelar bisa saja melayang keluar. Wang Yihan akan bertemu Saina Nehwal (India) yang kemarin mengalahkan Tine Baun (Denmark). Chai Biao/Guo Zhendong akan bertemu Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark), sedangkan Wang Xiaoli/Yu Yang akan bersua Ha Jung Eun/Kim Min Jung (Korsel).

Chai/Guo melaju ke final juga dengan kejutan. Mereka menang atas unggulan kedua yang lebih diunggulkan, Lee Yong Dae/Jung Jae Sung dari Korea Selatan. Chai/Guo kemarin berhasil menang dua game langsung, 21-17 dan 21-18.

Inilah mereka yang akan bertanding di babak final hari ini:

[Tunggal Putra] Lin Dan (China) vs Chen Long (China)

[Tunggal Putri] Wang Yihan (China) vs Saina Nehwal (India)

[Ganda Putra] Chai Biao/Guo Zhendong (China) vs Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark)

[Ganda Putri] Wang Xiaoli/Yu Yang (China) vs Ha Jung Eun/Kim Min Jung (Korsel)

[Ganda Campuran] Xu Chen/Ma Jin (China) vs Zhang Nan/Zhao Yunlei (China)

(DC)