Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > China dan Korea Selatan di Babak Final
08 Januari 2012
China dan Korea Selatan di Babak Final
 
 

Babak final ganda campuran kejuaraan Korea Open Super Series Premier 2012 mempertemukan dua negara raksasa dalam bulutangkis. China dengan Korea Selatan akan memperebutkan gelar perdana dari ganda campuran pada kejuaraan pembuka di tahun 2012. Pasukan negeri tirai bambu yang mengirim empat pasang ganda campuran, mampu menempatkan satu wakilnya. Setelah unggulan utama Zhang Nan/Zhao Yunlei kandas di babak pertama, kini giliran unggulan kedua, Xu Chen/Ma Jin yang berhasil menerobos partai puncak. Lawan yang akan di hadapinya adalah pasangan Korea Selatan Lee Yong Dae/Ha Jung Eun yang merupakan pasangan ganda campuran dengan peringkat tertinggi yang dimiliki oleh tuan rumah.

Xu Chen/Ma Jin maju ke babak final setelah menghentikan perlawanan pasangan dari Denmark Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen yang menjadi unggulan ketiga dengan 21-17, 21-8. Sementara Lee Yong Dae/Ha Jung Eun mengandaskan harapan pasangan Rusia Alexandr Nikolaenko/Valeri Sorokina dengan 21-18, 21-15.

Turnamen yang menyediakan hadiah total sebesar US$ 1.000.000,- menjadi turnamen yang mempertemukan mereka untuk kedua kalinya. Petemuan pertama mereka terjadi pada kejuaraan Denmark Open Super Series 2011 lalu. Ketika itu pasangan dari China menang dalam dua game.

Jika membandingkan perjalanan kedua pasangan ini sampai menuju babak final, perjalanan pasangan dari China Xu Chen/Ma Jin terbilang mulus. Mereka tak pernah kehilangan satu game pun untuk menuju babak puncak. Pertandingan yang bisa dikategorikan berat bagi mereka hanya ketika bertemu dengan dua pasangan Denmark yang mereka kalahkan di babak perempat final dan semifinal. Itupun mereka mampu menang hanya dalam dua game.

Sementara itu perjalanan pasangan Korea Selatan Lee Yong Dae/Ha Jung Eun banyak menemui kerikil tajam. Pasangan yang ada di peringkat dua belas dunia ini, sempat nyaris terjungkal di babak pertama di tangan rekan senegaranya sendiri Yoo Yeon Seong/Jang Ye Na. Kemudian mereka pun harus bermain tiga game saat bertemu pasangan Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di babak perempat final.
Partai ganda campuran menjadi partai penutup dari rangkaian final yang akan dilaksanakan pada hari minggu (8/1).