Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Tim Uber Siaga Satu Hadapi Thailand
15 Februari 2012
Tim Uber Siaga Satu Hadapi Thailand
 
 

Tim Piala Uber Indonesia kembali meraih kemenangan telak 5-0 pada pertandingan kedua grup Y melawan Kazakhstan di putaran kualifikasi Piala Uber zona Asia di Macau, kemarin (14/2). Sejauh ini kedudukan Indonesia dan Thailand berimbang di grup. Pertandingan terakhir hari ini antara keduanya akan menjadi penentu juara grup untuk menghindari China di babak kedua.

Saat ini kami ingin fokus menghadapi tim Thailand, karena mereka merupakan lawan yang paling berat di grup Y,” ujar Adrianti Firdasari, salah satu pemain tunggal tim Uber Indonesia. “Kami terus menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam tim karena hal ini sangat penting di pertandingan beregu.

Partai tunggal memang akan menjadi penentu kemenangan esok hari. Jika Firda dan rekan-rekannya di tunggal berhasil mencuri poin, maka rasio kemenangan akan lebih berpihak ke Indonesia karena di atas kertas, tim ganda Indonesia terasa lebih unggul.

Meiliana Jauhari/Greysia Polii dan Anneke Feinnya Agustine/Nitya Krishinda Maheswari lebih unggul dari segi permainan,” ujar pelatih ganda putri, Aryono Miranat yang tetap merasa bahwa pertarungan partai ganda akan tetap berlangsung sengit.

Kekuatan di ganda ini juga dirasakan oleh pihak lawan. Atlet tunggal putri Thailand Ratchanok Inthanon mengatakan bahwa pertandingan melawan Indonesia hari ini akan menjadi titik penentu.

Melawan Indonesia bukanlah hal yang mudah karena Indonesia memiliki pemain yang bagus-bagus,”tukas Ratchanok. “Apalagi kali ini ada Greysia Polii/Meiliana Jauhari yang turut memperkuat tim.

Ratchanok diperkirakan akan kembali bertemu dengan Firda. Pada pertemuan terakhir mereka di SEA Games lalu, Firda kalah dari Ratchanok 12-21, 21-19, dan 19-21.

Kekalahan kemarin sudah di evaluasi bersama pelatih,” jelas Firda. “Menghadapi pemain seperti Ratchanok memang tak mudah, dia merupakan pemain yang pintar di lapangan. Kadang pola permainannya pun berubah-ubah.

Dua negara teratas di masing-masing grup akan melaju ke babak kedua. Hanya saja, hasil undian memperlihatkan bahwa runner up grup Y akan langsung berhadapan dengan juara grup W yang hampir dipastikan jatuh ke tangan China. Untuk menghindari China di babak awal, Indonesia perlu menjadi juara grup. Juara grup Y akan berhadapan dengan runner up grup W yang nampaknya adalah Malaysia.

Dari grup X, hari ini Singapura dan Vietnam akan saling berebut posisi juara grup. Dari grup Z, Jepang hampir dipastikan akan menjadi juara grup, kecuali jika Hongkong bisa merebut setidaknya empat kemenangan saat melawan Jepang hari ini. (DC)