Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Indonesia Juara Grup
16 Februari 2012
Indonesia Juara Grup
 
 

Tim piala Thomas Cup Indonesia yang tengah berupaya lolos ke putaran final kembali merebut kemenangan dari lawannya. Menghadapi India pada babak kualifikasi yang berlangsung di Macau, tim Thomas Cup Indonesia menang tipis 3-2. Indonesia sedikit mengubah komposisi pemain. Mohamad Ahsan/Bona Septano yang menjadi ganda utama kali ini diistirahatkan. Posisi mereka di gantikan oleh Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan. Di tunggal putra, giliran Tommy Sugiarto yang di istirahatkan. Tunggal ketiga di isi oleh Dionysius Hayom Rumbaka.

Simon Santoso yang di percaya menjadi lokomotif bagi rekan-rekannya menjawabnya dengan kemenangan. Menghadapi tunggal utama India Kashyap Parupalli yang menempati peringkat dua puluh lima dunia, Simon bermain taktis. Berbekal pengalaman dua kali mengalahkannya, Simon pun bisa menang dengan angka meyakinkan 21-7, 21-15.

Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan yang di percaya menjadi ganda pertama gagal mengatasi perlawanan pasangan ganda putra India Rupesh Kumar/Sanave Thomas. Bekal pengalaman dua kali mengalahkan pasangan India ini, tak bisa di manfaatkan. Kali ini pasangan Indonesia yang berada di urutan sembilan dunia menyerah dengan 18-21, 16-21. Dengan kekalahan Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan membuat kedudukan secara tim imbang 1-1.

Taufik Hidayat ( sumber foto:www.pb-pbsi.org )Indonesia menambah angka kemenangan melalui tunggal kedua, Taufik Hidayat. Anand Pawar yang menjadi tunggal kedua India mampu ditaklukkannya dalam dua game saja. Pada game pertama, Taufik Hidayat sempat sedikit di buat repot oleh pemain India. Sempat unggul jauh, Taufik bisa disamakan pada kedudukan 14-14. Namun Taufik yang memiliki keunggulan teknik mampu menyelesaikan game pertama dengan 21-16. Di game kedua, Taufik dengan leluasa mengontrol jalannya pertandingan dan ia pun menang dengan 21-13. Kemenangan Taufik atas Anand membuat kedudukan berubah 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Kemenangan Indonesia atas India ditentukan oleh peraih medali emas Olimpiade Beijing Markis Kido/Hendra Setiawan. Turun pada partai keempat menghadapi Akshay Dewalkar/Pranav Chopra, Markis Kido/Hendra Setiawan menunjukkan kelasnya sebagai pasangan kuat. Sempat di persulit di game pertama, juara Asian Games ini bisa menyelesaikan permainan dengan kemenangan saat kedudukan pada 21-18. Di game kedua pun pasangan Indonesia berperingkat sepuluh dunia ini menang dengan 21-16. 3-1 untuk tim Thomas Cup Indonesia.

Pada partai yang sudah tidak menentukan lagi, Dionysius Hayom Rumbaka gagal mengatasi permainan Sai Praneeth. Hayom, demikian ia biasa dipanggil, kalah dengan 21-13, 15-21, 9-21.

Dengan kemenangan ini, maka Indonesia berhasil memimpin Grup B. India berada di bawahnya. Sementara Singapura berada di peringkat ketiga. Juru kunci Grup B di tempati oleh tuan rumah Macau

Pada babak selanjutnya Indonesia akan menghadapi tim Thomas Cup Korea Selatan yang menempati peringkat kedua grup D setelah di kalahkan tim Thomas Cup Malaysia dengan 3-1.