Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Yuris Sholat Ied Di Vietnam
20 Agustus 2012
Yuris Sholat Ied Di Vietnam
 
 

Atlet-atlet merah putih yang akan turun di Vietnam Open 2012 sudah berada di Vietnam saat Idul Fitri kali ini jatuh pada hari Minggu (19/8) kemarin. Mereka yang beragama Islam pun terpaksa harus merayakan salah satu hari raya terbesar umat muslim ini jauh dari kampung halaman.

Adalah Afiat Yuris Wirawan, yang akan turun di nomor ganda putra bersama dengan Rendy Sugiarto terpaksa harus bersholat Ied jauh dari keluarganya. "Iya ini pertama kali saya idul fitri jauh dari keluarga, sedih banget ngga bisa kumpul sama mereka," ujarnya.

Minggu pagi saat sebagian besar masyarakat Indonesia berada di kampung halaman, dan sholat ied di lapangan terdekat, Yuris - panggilan akrabnya - harus berkendara dengan taksi selama 15 menit untuk bisa mencapai salah satu mesjid yang menggelar sholat Ied.

"Tadi salah jam tuh, saya kira sholatnya jam tujuh kan, sama seperti di Indonesia, jam 6.30 sudah di mesjid, taunya sholatnya jam 8.30," ceritanya.

Sambil menunggu waktu sholat, Yuris mengaku cukup kagum dimana di negara seperi Vietnam yang berideologi komunis masih memiliki jumlah muslim yang cukup banyak.

"Ya sambil nunggu waktu, saya merperhatikan saja, banyak juga yang lebaran disini, tapi sepertinya kebanyakan pendatang, seperti orang melayu, arab, dan termasuk saya," lanjutnya.

Yuris tak sendiri, ia berangkat berempat bersama dengan tiga atlet tunggal yakni Panji Akbar Sudrajad, Adrianti Firdasari dan Lindaweny Fanetri. Saat menunggu waktu sholat ied itulah, Yuris bersua dengan salah satu staff Konsulat Jenderal Indonesia yang ada di Vietnam. Mereka pun diajak untuk hadir ke Konjen, dan menyantap makan khas lebaran sebelum mereka kembali ke hotel.

"Saya lupa nama dan jabatannya, soalnya cukup banyak tadi, yang jelas kami dijamu makan sampai siang, mana masih pakai sarung sama peci," lanjutnya antusias.

Yuris pun menitipkan pesan untuk keluarganya di kampung halamannya di Boyolali. "Untuk keluarga di rumah, jangan sedih, doakan Yuris disini, selalu ada pengorbanan dan perjuangan, ini salah satu diantaranya," pungkasnya.

Kejuaraan ini sendiri baru akan mulai digelar pada Selasa (21/9), Yuris mengakui untuk bertanding disini ia hanya mau fokus kepada setiap pertandingan yang ia hadapi. All the best, Ris! (IR)

Profil Afiat Yuris Wirawan