Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Malaysia International Challenge 2012] Indonesia Kuasai Unggulan Ganda Putra
12 November 2012
[Malaysia International Challenge 2012] Indonesia Kuasai Unggulan Ganda Putra
 
 

Sumber foto: pb-pbsi.org

Meski hanya mengirimkan empat pasang ganda putra pada kejuaraan Malaysia International Challenge 2012, tiga ganda putra Indonesia menguasai daftar unggulan. Dua diantaranya bahkan menjadi pasangan yang menempati unggulan pertama dan kedua.

Ronald Alexander/Selvanus Geh dari Indonesia menjadi pasangan ganda putra yang menempati unggulan utama pada kejuaraan berhadiah total US$ 15.000,-. Tepat berada di bawahnya pasangan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf. Sementara Rahmat Adianto/Hardi Hardianto menempati unggulan ke delapan. Pemain-pemain ganda putra Malaysia tidak mau kalah. Empat pasang ganda putra Malaysia mampu menerobos daftar unggulan.  Mereka ada di daftar unggulan ketiga, lima, enam dan tujuh. Sementara itu Al Sayed Jafar Ebrahim Jafar/Heri Setiawan menjadi satu-satunya pasangan ganda putra yang berada di daftar unggulan di luar Indonesia dan Malaysia. Ganda putra berbendera Bahrain ini mampu berada pada unggulan keempat.

Sesuai dengan drawing yang telah di lakukan, Rahmat Adianto/Hardi Hardianto akan memulai babak pertama dengan bertemu pasangan dari Malaysia Low Juan Shen/Yip Jiun Tan. Jika mampu menang di dua babak awal, ganda Indonesia yang belum lama digabungkan ini kemungkinan akan menghadapi unggulan ketiga Zheng Yi Kok/Keat Zhen Kong dari Malaysia.


Membuka babak pertama, Ronald Alexander/Selvanus Geh akan bertemu ganda Malaysia lainnya Dede Ryan Philip/Marcel Simon. Semifinalis World Junior Championships 2011 ini semestinya bisa melewati hadangan pertama. Pasalnya, dari segi peringkat, ganda Indonesia jauh lebih baik ketimbang ganda Malaysia. Ganda Indonesia sudah masuk dalam jajaran seratus besar dunia, sementara ganda Malaysia masih berkutat pada peringkat tiga ratusan dunia. Di babak kedua pun, dari segi peringkat dua calon lawan yang kemungkinan akan di hadapi masih berada di bawah ganda Indonesia. Lawan berat pertama yang baru akan di hadapi pada babak perempat final. An Khang Tai/Wee Gleen Tan dari Malaysia akan menjadi calon lawan kuat di babak perempat final.

Di paruh undian bawah, Wahyu Nayaka/Ade Yusuf akan melayani permainan ganda Malaysia Jian Hao Goh/Hong Kheng Yew. Peluang unggulan kedua ini untuk berbicara lebih jauh masih terbuka lebar. Selain dari pasangan-pasangan dari Malaysia, pasangan dari Philipina harus pula di waspadai. Belakangan ini, pemain-pemain dari Philipina mulai mencuri perhatian dunia. Partai seru ganda putra akan di mulai dari babak perempat final. Kemungkinan besar, jika Wahyu Nayaka/Ade Yusuf mampu mengalahkan lawan-lawannya di babak awal, maka unggulan kelima Goh V Shem/Teo Ee Yi dari Malaysia akan jadi lawan di babak perempat final.

Rukita/Tan Tony menjadi satu-satunya pasangan ganda putra Indonesia yang harus merangkak dari babak kualifikasi. (AR)