Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Djarum Superliga Badminton 2013] Lima Klub Asing Meriahkan Superliga
10 Januari 2013
[Djarum Superliga Badminton 2013] Lima Klub Asing Meriahkan Superliga
 
 

Sebanyak lima klub asing asal Jepang, Korea dan Malaysia, memastikan diri untuk meramaikan perhelatan Djarum Superliga Badminton 2013 yang akan berlangsung di DBL Arena, Surabaya, pada 3-9 Februari 2013. Hal ini menjadi atmosfer baru bagi turnamen tersebut, setelah sebelumnya hanya diikuti oleh pemain asing yang dibawa oleh klub asal Indonesia.

Kelima klub asing tersebut terdiri atas Unisys, Renesas dan Tonami dari Jepang, Korean Ginseng Company, dan Malaysian Tiger & Malaysian Mas.

"Hadirnya peserta asing ini pasti akan menambah menarik dan semaraknya liga. Para peserta dari luar negeri itu akan mendapat tantangan serius dari pemain-pemain terbaik kita, yang tersebar di sejumlah klub-klub di tanah air," kata Yoppy Rosimin selaku Direktur Superliga. "Apalagi kehadiran klub-klub asing itu merupakan yang pertama kali dalam sejarah liga bulutangkis Indonesia," tambahnya.

Unisys Badminton Club asal Jepang dan tim Malaysia mengkonfirmasi akan mengirim tim putra dan putri. Renesas dan Korean Ginseng hanya mengirim tim putri, sementara Tonami mengirim tim putra. Dengan tambahan klub-klub terkuat Indonesia, liga kali ini akan diikuti 10 tim putra dan 8 tim putri.

Klub Indonesia yang menurunkan tim putra antara lain PB Djarum Kudus, Jaya Raya Jakarta, Jaya Raya Suryanaga Surabaya, Tangkas Specs Jakarta, SGS PLN Bandung, Mutiara Bandung dan Musica Champion Kudus. Kecuali Tangkas Specs, SGS PLN dan Musica, keempat klub papan atas tersebut akan menyertakan tim putri untuk bertanding.

"Kesempatan bisa bertemu dan bertanding dengan pemain bintang luar negri harus bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh pemain kita. Di liga ini para pemain Indonesia harus bisa mencuri ilmu dan keterampilan dari para pemain asing," kata Yoppy.

Seperti perhelatan liga-liga sebelumnya, setiap klub lokal diizinkan untuk menambah kekuatan dengan amunisi pemain asing. Namun sesuai regulasi, para pemain asing tersebut hanya diperbolehkan tampil maksimal di dua partai dalam satu kali pertandingan. (NM)