Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Indonesia International Challenge 2013] Andri Lolos Babak Kualifikasi
03 Juli 2013
[Indonesia International Challenge 2013] Andri Lolos Babak Kualifikasi
 
 

Atlet yang belum genap satu tahun bergabung dengan PB Djarum, Andri Wijaya akhirnya berhasil memastikan langkah ke babak utama Indonesia International Challenge 2013 yang digelar di GOR Sudirman Surabaya. Di laga hari pertama turnamen level empat Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), Andri berhasil memenangkan dua laga pertamanya kemarin (2/7).

Di babak pertama kualifikasi, Andri dipaksa bermain tiga game oleh Zulfikar Aziz yang juga mewakili Indonesia. Ia melangkah ke final kualifikasi setelah bertarung selama 50 menit untuk menang 17-21, 21-15 dan 21-14. Di final kualifikasi, ia sudah dinanti oleh Nanthakarn Yordphaisong yang berhasil menumbangkan Nugraha Andi Saputra dengan dua game langsung 21-17 dan 21-16.

Laga perebutan tiket ke babak utama ini berlangsung sengit. Menghadapi pemain kidal, Andri sempat tertinggal 10-11 di interval pertama. Sempat balik memimpin 14-12, namun akhirnya raihan angka ini berhasil disamakan oleh tunggal Thailand itu. Angka kembar terus terjadi hingga kedudukan 18-18, dewi fortuna sepertinya tengah menaungi Andri, ia berhasil merebut dua angka setelah sang lawan gagal mengatasi sodorannya. Unggul 20-18, Andri menutup game pertama dengan 21-19.

Pertarungan tak kalah ketat terjadi di game kedua. Lagi-lagi angka kembar kerap terjadi. Bahkan kali ini hingga kedudukan 19-19. Kembali, Andri yang terlihat lebih sabar melakoni rally demi rally, berhasil mengecoh Nanthakarn dan melakukan dropshot di depan net yang gagal dikembalikan, Andri ke babak utama dengan 21-19.

“Menghadapi pemain kidal, saya coba untuk terus memberikan bola-bola ke arah backhandnya, agar dia kesulitan untuk bisa menyerang pertahanan saya,” ujar Andri mengenai kemenangannya.

Menghadapi turnamen ini, Andri mengaku tak menargetkan gelar. Atlet yang akan berulang tahun ke-16 pada 25 Agustus mendatang ini ingin tampil bagus. “Saya tak muluk-muluk untuk menargetkan juara, target saya disini saya ingin bisa menampilkan permainan terbaik saya,” ujar putra pasangan Musafak dan Nur Susanti ini.

Di babak pertama nomor ini yang akan digelar mulai pukul 08.30 pagi ini (3/7), Andri akan bertemu Tan Tony. Andri tentu kalah senior dibanding rivalnya ini, namun tak berarti ia tak bisa memberikan perlawanan. Selamat bertanding, Andri! (IR)