Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Kejuaraan Dunia 2013] Tontowi/Liliyana dan Rijal/Debby Tembus Delapan Besar
09 Agustus 2013
[Kejuaraan Dunia 2013] Tontowi/Liliyana dan Rijal/Debby Tembus Delapan Besar
 
 

Sumber foto: badmintonindonesia.org

Dua ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Muhammad Rijal/Debby Susanto menembus delapan besar Kejuaraan Dunia 2013 usai menaklukkan lawannya, Kamis (8/8). Sayang satu pasangan lainnya, Riky Widianto/Richi Puspita Dili harus mengakhiri perjuangan mereka usai kalah dari unggulan dua asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei, 14-21 dan 17-21.

Di perempat final nanti Tontowi/Liliyana kemudian akan bertanding melawan pemain Jepang, Kenichi Hayakawa/Misaki Matsutomo. Pertandingan kali ini diperkirakan akan mudah dihadapi Tontowi/Liliyana, sebab pada Korea Open 2013, Januari lalu, keduanya sukses menang mudah dengan 21-4 dan 21-11. Sementara Rijal/Debby dijadwalkan bertemu ganda Korea, Shin Baek Choel/Eom Hye Won, untuk pertama kalinya.

Sebelumnya di babak tiga, Tontowi/Liliyana mengalahkan Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah, Hongkong, melalui rubber game selama 47 menit. Keduanya terpaksa berjuang dalam tiga game setelah tertinggal 21-23 di game pertama. Namun pasangan unggulan tiga ini kemudian membalikkan keadaan di dua game berikutnya dengan merebut angka 21-15 dan 21-14.

"Di hari yang fitri ini, alhamdulillah sudah dikasih menang. Pada game pertama kami kaget dengan permainan mereka yang cepat dan kuat. Ini adalah pertemuan pertama kami, jadi kami belum pernah merasakan permainan mereka seperti apa,” kata Tontowi seperti dikutip melalui website resmi PBSI.


Sedangkan Rijal/Debby akhirnya berhasil menebus kekalahannya dua tahun lalu dari pasangan China Taipei, Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsing. Keduanya menang straight game 21-13 dan 21-13.

Pertandingan ini menjadi kali ketiga bagi mereka. Sebelumnya di Macau Open 2011 dan French Open 2011, Rijal/Debby harus menelan kekalahan mereka. Hasil ini kemudian memperkecil jarak head to head mereka, menjadi 1-2. (NM)