Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Japan Open Super Series 2013] Ahsan/Hendra Melaju
19 September 2013
[Japan Open Super Series 2013] Ahsan/Hendra Melaju
 
 

Pasangan ganda putra nomor satu Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melaju ke babak kedua kejuaraan Japan Open Super Series 2013. Yu Igarashi/Hashiru Shimono asal Jepang yang masih berada pada peringkat 502 dunia belum bisa mengimbangi permainan juara dunia 2013 ini. Ahsan/Henda yang menempati unggulan pertama hanya butuh waktu 21 menit untuk menang straight game 21-12, 21-12.

Selama jalannya pertandingan, belum sekalipun pasangan Jepang bisa menyentuh angka pasangan Indonesia. Dominasi permainan pasangan Indonesia yang berada pada peringkat 2 dunia terlihat sejak service pertama di mulai. Kombinasi smash dan permainan netting pasagan Indonesia tak mampu di lawan pasangan Jepang. Hal yang sama juga terjadi di game kedua. Pasangan Indonesia tetap memimpin jalannya pertandingan. Meski pasangan Jepang sempat menyusul hingga 11-10, tetapi tetap game kedua menjadi milik Indonesia .

Pasangan Yonathan Suryatama Dasuki/Hendra Aprida Gunawan juga mampu melewati rintangan pertama. Pasangan asal Amerika Serikat Philip Dhew/Sattawat Pongnairat di hentikan dalam dua game 21-17, 21-14.

Ganda muda Indonesia Anggra Pratama/Rian Agung Saputra juga ikut menyusul ke babak kedua. Berbalut unggulan ke-5, Angga/Rian mematahkan perlawanan ganda tuan rumah Keiichiro Matsui/Koshun Miura juga dalam dua game 21-8, 21-10.

Pertemuan dua ganda Indonesia di babak kedua gagal terjadi. Pasangan baru Markis Kido/Gideon Markus Fernaldi gagal bertemu dengan Angga/Rian. Markis/Gideon di hentikan ganda Denmark, Mads Conrad Petersen/Mads Pieler Koldingdengan 16-21, 15-21. Ganda Denmark ini lah yang akan di hadapi oleh Angga/Rian di babak kedua kejuaraan yang menyediakan hadiah total sebesar USD 250.000,-.

Dua pasang ganda putra Indonesia lainnya akan bertemu wakil tuan rumah hari ini (19/9). Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan meladeni permainan Yuya Komatsuzaki/Hiroki Takeuchi. Unggulan ke-8 Hirokatsu Hashimoto/Noriyatsu Hirata asal Jepang akan coba dihentikan pasangan Yonathan Suryatama Dasuki/Hendra Aprida Gunawan.

Sementara itu, tiga wakil Indonesia di tunggal putra menyerah di pertandingan pertamanya. Tommy Sugiarto yang memegang bendera unggulan enam gagal menghadang pemain Thailand Tanongsak Saensomboonsuk. Tommy menyerah di pertemuan ketiga mereka dengan 28-30, 13-21.

Dyonisius Hayom Rumbaka juga belum berhasil menang untuk pertama kalinya dari tiga kali pertemuan atas pemain Jerman Marc Zwiebler. Hayom gagal memegang kendali permainan kendati di game pertama ia menang 21-16. Di dua game tersisa ia menyerah 11-21, 12-21. Pemain senior Sony Dwi Kuncoro juga harus angkat koper lebih awal. Sony yang menang di tiga pertandingan sebelumnya dari pemain India Anand Pawar, akhirnya kalah dengan 17-21, 21-7, 8-21. (AR)