Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Japan Open Super Series 2013] Ahsan/Hendra Persembahkan Juara
23 September 2013
[Japan Open Super Series 2013] Ahsan/Hendra Persembahkan Juara
 
 

Sumber foto: badmintonindonesia.org

Pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil mempersembahkan gelar juara pada kejuaraan Japan Open Super Series 2013. Bertanding pada partai terakhir, juara Dunia 2013 ini bermain cemerlang untuk menghentikan permainan ganda China Chai Biao/Hong Wei yang menjadi lawan di babak final.

Babak final ganda putra menjadi partai yang paling menarik untuk disaksikan. Meski rangking kedua pasangan ini terpaut cukup jauh, tetapi jalannya pertandingan berjalan seimbang. Ahsan/Hendra di babak puncak bermain lebih baik ketimbang kemarin pada saat babak semifinal. Pasangan Indonesia ini juga mampu mengkombinasikan perainan keras dan halus. Disamping itu, baik Ahsan maupun Hendra bermain lebih tenang. Ketenangan ini lah yang menjadi modal kemenangan di game pertama.  Sempat di samakan di penghujung game  pertama dengan 20-20, dengan tenang pasangan Indonesia mampu merebut game pertama dengan 22-20.

Di game kedua pasangan Indonesia tetap menjaga konsistensi permainan mereka. Inisiatif menyerang masih dipegang pasangan Indonesia. Pertahanan kuat juga menjadi salah satu faktor penentu kemenangan. Di game kedua pasangan China selalu bisa mendekati perolehan angka Ahsan/Hendra. Tetapi di penghujung game kedua ganda Indonesia melesat meninggalkan ganda China dan menang dengan 21-16.

Kemenangan Ahsan/Hendra di kejuaraanberhadiah total US$ 250.000,- membuat mereka menjuarai empat turnamen berturut-turut.  Kemenangan Ahsan/Hendra di mulai dengan menjadi juara di hadapan publiknya sendiri di Istora. Ahsan/Hendra merebut gelar pada Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2013. Gelar kedua di rebut Ahsan/Hendra di Singapura pada kejuaraan Singapore Open Super Series 2013. Gelar juara Dunia 2013 merupakan gelar ketiga sesudahnya.

China memastikan merebut dua gelar juara. Gelar pertama bagi China di persembahkan oleh Zhang Nan/Zhao Yunlei yang di berikan kemenangan tanpa tanding dari rekannya Xu Chen/Ma Jin.  Gelar kedua China di sumbang oleh ganda putri Ma Jin/Tang Jinhua yang menang dari ganda Denmark Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl dengan 21-11, 21-14. Malaysia melalui Lee Chong Wei meraih satu gelar juara.  Pemain nomor satu dunia ini mampu menang dari wakil tuan rumah Kenichi Tago dengan 23-21, 21-17. Tuan rumah Jepang sudah memastikan satu gelar setelah dua wakilnya bermain ditunggal putri. Gelar juara akhirnya di rebut pemain putri berusia 16 tahun, Akane Yamaguchi  yang unggul atas rekannya Shizuka Uchida dengan 21-15, 21-19. (AR)

Hasil Final:
Ganda campuran : Zhang Nan/Zhao Yunlei (CHN) – Xu Chen/Ma Jin (CHN) : Walk over
Tunggal Putra: Lee Chong Wei (MAS) – Kenichi Tago (JPN):  23-21, 21-17
Tunggal Putri: Akane Yamaguchi (JPN)  - Shizuka Uchida (JPN): 21-15, 21-19
Ganda Putri: Ma Jin/Tang Jinhua (CHN) -  Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhlm(DEN): 21-11, 21-14
Ganda Putra: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (INA) - Chai Biao/Hong Wei (CHN): 22-20, 21-16