Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Dutch Open Grand Prix 2013] Febe Tembus Babak Perempat Final
11 Oktober 2013
[Dutch Open Grand Prix 2013] Febe Tembus Babak Perempat Final
 
 

Maria Febe Kusumastuti, pebulutangkis putri Indonesia berhasil menjalankan misinya dengan baik. Selain berhasil maju ke babak perempat final pada kejuaraan bulutangkis Dutch Open Grand Prix 2013, ia juga suskes membalas kekalahan dari pemain China, Deng Xuan yang juga merupakan pemain unggulan ke-5. Selain Febe, Hera Desi pun mampu menjejakkan dirinya ke babak delapan besar.

Di babak kedua yang kemarin (11/10), Febe tampil kurang maksimal di game pertama. Sejak service pertama di gulirkan, Febe tampil tertekan. Febe tak mampu berbuat banyak dan menyerah di game pembuka dengan 11-21.

Di game kedua, Febe mulai bangkit. Pemain asal PB Djarum berperingkat 45 dunia ini mulai menemukan ritme permainannya.  Ia pun mampu berbalik menekan lawan dan sempat memimpin di penghujung game kedua dengan 18-13. Febe sempat membuat pendukung Indonesia terdiam, ketika pemain China mampu menyamakankedudukan 18-18 hanya dalam sekali service di tangan. Beruntung Febe mampu menyudahi game kedua dengan 21-19.

Di game ketiga pertandingan berjalan lebih ramai. Baik Febe maupun pemain China keduanya berusaha untuk bisa memimpin perolehan angka. Di jeda game ketiga, Febe masih tertinggal dari lawan dengan 8-11. Setelah pindah lapangan, Febe bisa mengejar lawan dan menyamakankedudukan menjadi 16-16. Febe yang hanya tinggal membutuhkan satu angka saja untuk menyudahi game ketiga tertahan pada posisi 20-18. Pemain China pun mampu memaksa pertandingan harus berjalan deuce setelah ia bisa menambah dua angka dan membuat kedudukan imbang 20-20. Dua tambahan di penghujung game ketiga ternyata mampu di rebut Febe. Febe pun melesat masuk ke babak perempat final setelah menutup game ketiga dengan 22-20. Kemenangan Febe di Belanda dari pemain China berperingkat 34 dunia membuat rekor pertemuan keduanya berubah imbang 1-.

Masuknya Febe ke babak delapan besar rupanya juga di ikuti oleh rekannya, Hera Desi. Menghadapi pemain Thailand Salakjit Ponsana, Hera unggul dua game dengan 21-16, 21-19.

Hari ini (12/10) Febe akan memainkan babak perempat final dengan menghadapi tunggal putri China lainnya, Xirui Hui. Pemain berperingkat 137 dunia yang di kalahkannya pada kejuaraan London Grand Prix Gold 2013 lalu. Sementara Hera Desi kembali akan bertemu pemain Thailand. Hanya saja kali ini Hera harus menghadapi unggulan utama Porntip Buranaprasertsuk.

Hasil yang di dapat dua tunggal putri Indonesia berbanding terbalik dengan raihan para tungal putra. Tiga tunggal putra Indonesia yang bermain dibabak ketiga kandas dari lawan-lawannya.  Wisnu Yuli Prasetyo kalah dari pemain Singapura Wong Zi Liang Derek yang merupakan unggulan ke-6 dengan 21-17, 16-21, 19-21. Andre Marteen juga kalah rubber game dari unggulan ke-7 Dmytro Zavadsky asal Ukraina dengan 19-21, 12-21, 9-21. Riyanto Subagja pun tak mampu melewati pemain China Huang Yuxiang dengan 14-21, 16-21. (AR)