Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Vietnam Open Grand Prix 2013] Simon dan Alamsyah Tembus Babak Semifinal
07 Desember 2013
[Vietnam Open Grand Prix 2013] Simon dan Alamsyah Tembus Babak Semifinal
 
 

Dua tunggal putra Indonesia berhasil menembus babak semifinal di turnamen Vietnam Open Grand Prix 2013. Simon Santoso dan Alamsyah Yunus mampu mengalahkan lawan-lawannya di babak delapan besar pada pertandingan yang berlangsung di Zhao Phan Dinh Phung Stadium, Ho Chi Minh, Vietnam, Juma't (6/12/2013).

Dalam waktu 1 jam 10 menit, unggulan kesembilan asal Pelatnas Simon Santoso dipaksa untuk bermain rubber game oleh pemain muda unggulan delapan asal China, Song Xue dengan skor 21-23, 22-20, 21-8.

Di game pertama, sebenarnya Simon mampu mengimbangi permainan lawan. Bahkan Simon sempat menyamakan kedudukan menjadi 20-20. Tetapi sangat disayangkan, tenyata dewi fortuna masih memihak lawan. Simon harus rela melepas game kesatu dengan angka 21-23.

Sama seperti game sebelumnya. Di game kedua, baik Simon maupun lawan masih memberikan tontonnan yang menarik. Kejar mengejar perolehan angka masih terjadi. Namun dengan mengandaalkan pukulan smash tajam, Simon akhirnya dapat merebut game ini dengan menang tipis, 22-20.

Pada game penutup, lawan sudah kehabisan tenaga. Simon pun memenangi game ini dengan mudah tanpa ada perlawanan, 21-8. Di semifinal nanti, Simon akan bertemu dengan unggulan kedua asal Malaysia, Tan Chun Seang. Tan maju ke semifinal, setelah berhasil mengalahkan pemain satu negaranya, Yee Han Chong dengan dua game langsung 21-18, 21-13.

Bagi Simon ini pertemuan yang kedua dengan Tan. Simon pernah mengalami kekalahan pada turnamen Denmark Open 2012. Berdasarkan rangking Simon di peringkat 79 rangking dunia, sedangkan Tan peringkat 51 rangking dunia. Diatas kertas Tan lebih di unggulkan dibandingkan dengan Simon.

Di pertandingan sebelumnya, tunggal putra Indonesia lainnya Alamsyah Yunuus menang atas pemain asal Hong Kong Nan Wei dengan dua game langsung 21-15, 21-16 dalam waktu 40 menit. Di semifinal nanti, Alamsyah akan ditantang pemain asal Korea Wan Ho Son yang sebelumnya mengalahkan pemain Malaysia, Muhammad Hafiz Hashim dengan dua game langsung 21-16, 21-14.

Ini adalah pertemuan kali pertama untuk kedua pemain. Di atas kertas memang Wan lebih dijagokan. Bedasarkan peringkat, Alamsyah ada di 38 rangking dunia. Sedangkan Wan di peringkat 30 rangking dunia. (DS)