Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Malaysia Open Super Series Premier 2014] Tommy Grogi dan Kehilangan Konsentrasi
20 Januari 2014
[Malaysia Open Super Series Premier 2014] Tommy Grogi dan Kehilangan Konsentrasi
 
 

Untuk kesembilan kalinya, Tunggal putra terbaik Indonesia, Tommy Sugiarto harus kembali menelan kekalahan dari pemain unggulan pertama, Lee Chong Wei di babak final turnamen Malaysia Open Super Series Premier 2014. Tommy kalahkan dua game lansgusng dengan skor 19-21, 9-21 pada pertandingan yang berlangsung di Stadium Putra Bukit Jalil, Malaysia.

Seperti dilansir badmintonindonesia.org. Tommy mengatakan, di final ini, ia sudah berusaha mengamankan game pertama, agar ia bisa lebih percaya diri di game kedua. Ia pun masih bisa menahan permainan Chong Wei di awal game kedua. Tetapi di saat Chong Wei bisa membalikkan keadaan, ia menjadi grogi dan kehilangan konsentrasi.

Sebenarnya Tommy bermain bagus digame pertama. Ia mampu bertahan dari serangan dan permainan neting Chong Wei yang memang terkenal berbahaya. Di paruh game pertama, ia pun berhasil mengunggulkan perolehan angka, 11-9. Namun sangat disayangkan, Chong Wei mampu menyamakan kedudukan menjadi 19-19. Bahkan,  Chong Wei terus menekan hingga ia sulit menjangkau bola pengembalian Chong Wei.

Pada game kedua pun, Chong Wei masih mendominasi permainan Tommy. Bahkan, hampir semua bola-bola yang diarahkannya, mampu dikembalikan dengan baik oleh Chong Wei. Menurut Tommy, ia merasa  kesulitan untuk memperoleh poin di game kedua. Ia tidak bisa mengatasi serangan-serangan Chong Wei dan sepertinya dia bisa membaca permainannya.

Tommy pun mengakui, bahwa ia selalu berusaha dan terus belajar untuk tampil konsisten, supaya bisa tampil baik dan tidak naik turun. Selain tampil stabil, ia juga ingin mendapat gelar turnamen premier serta banyak turnamen bergengsi lainnya.

"Saya harus bisa melewati perjalanan ini, terutama dari segi mental. Kalau lawan menekan, saya harus bisa stabil dan berpikir lebih positif. Saya juga mesti mengatur mindset sebelum bertanding," tambah Tommy, juara di turnamen Singapore Open Super Series 2013 ini.

Hasil lengkap babak final Malaysia Open Super Series Premier 2014:

Tunggal Putra
Lee Chong Wei (1/MAS) vs Tommy Sugiarto (4/INA) 21-19, 21-9

Tunggal Putri
Li Xuerui (1/CHN) vs Wang Shixian (2/CHN) 21-16, 21-17

Ganda Putra
Lim Khim Wah/Goh V Shem (MAS) vs Chai Biao/Hong Wei (CHN) 21-19, 21-18

Ganda Putri
Bao Yixin/Tang Jinhua (5/INA) vs Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (3/JPN) 21-19, 14-21, 21-13

Ganda Campuran
Xu Chen/Ma Jin (4/CHN) vs Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (3/DEN) 21-11, 17-21, 21-13