Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [All England Super Series Premier 2014] Suci/Tiara Mulus ke Babak Utama
05 Maret 2014
[All England Super Series Premier 2014] Suci/Tiara Mulus ke Babak Utama
 
 

Sumber foto: badmintonindonesia.org

Indonesia berhasil menambah satu kekuatan lagi di babak utama ganda putri All England 2014. Di babak kualifikasi yang digelar kemarin (4/3), Suci Rizki Andini/Tiara Rosalia Nuraidah berhasil mencuri satu tiket untuk bisa berlaga di turnamen yang menawarkan hadiah total US$ 400 ribu itu. Mereka melaju ke babak utama usai mengalahkan Wang Rong/Zhang Zhibo (Makau), 21-9, 21-15. Suci/Tiara sedianya harus melewati satu pertandingan lagi di babak kualifikasi melawan Cheng Wen Hsing/Hsieh Pei Chen, namun pasangan Taiwan ini mendapatkan promosi ke babak utama, sehingga otomatis Suci/Tiara pun lolos.

Di game pertama Suci/Tiara menang dengan skor telak. Wang/Zhang tampaknya kaget dengan pola permainan yang diterapkan Suci/Tiara, keduanya tampak tak siap menerima serangan demi serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Suci/Tiara ke pertahanan mereka.

“Di game pertama kami memang langsung menerapkan permainan menyerang. Tetapi Wang/Zhang kemudian mengantisipasi hal ini. Di game kedua, mereka sudah tahu cara main kami, jadi pertandingan berlangsung lebih alot,”  jelas Suci kepada badmintonindonesia.org.

“Saat berpasangan dengan Della (Destiara Haris) di tahun 2011, saya pernah kalah dari Wang/Zhang. Saat itu saya sedang cedera pinggang, jadi tidak bisa tampil maksimal. Akan tetapi, saya belajar dari kekalahan tersebut,”
  tambah Suci.

Sementara itu Tiara mengatakan bahwa permainan mereka sudah cukup baik di pertandingan perdana ini. Ia dan Suci yang sama-sama berasal dari klub Mutiara Cardinal Bandung ini sudah saling tahu karakteristik permainan masing-masing. Maklum saja, Suci/Tiara sudah berpasangan sejak usia 13 tahun.

“Kalau soal permainan, sudah enak kok, tetapi ada beberapa hal yang mesti kami tingkatkan lagi. Di babak utama pasti lawan lebih sulit, jadi harus tampil lebih baik lagi,” tutur Tiara yang bersama Suci memenangkan gelar juara Asia Junior Championships 2011 di Lucknow, India.

Di sisi lain, sang pelatih seakan masih belum puas dengan penampilan anak didiknya. Karena Endra Muliajaya yang mendampingi mereka, menganggap bahwa lawan mereka kemarin memang masih berbeda kelas.

“Penampilan Suci/Tiara sudah cukup lumayan, tetapi mereka belum mengeluarkan seluruh kemampuan mereka di pertandingan ini. Wang/Zhang kelasnya masih di bawah Suci/Tiara. Jadi memang sudah seharusnya Suci/Tiara menang,” ujar Endra Muliajaya, sang pelatih yang ditemui di stadion National Indoor Arena.

Suci/Tiara menyusul rekan-rekannya di sektor ganda putri yang siap berlaga di babak utama yaitu Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Anggia Shitta Awanda/Della Destiara Haris dan Pia Zebadiah Bernadeth/Rizki Amelia Pradipta. (IR)