Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Bulgarian International Challenge 2014] Taklukkan Unggulan Satu, Fran/Dewi Jadi Juara
06 Oktober 2014
[Bulgarian International Challenge 2014] Taklukkan Unggulan Satu, Fran/Dewi Jadi Juara
 
 

Pertandingan partai puncak ganda campuran yang berlangsung pada hari minggu (5/10) pukul 11.00 waktu setempat, menyajikan kejutan baru. Unggulan pertama asal Jerman, Max Schwenger/Carla Nelte harus takluk dari unggulan keenam asal Indonesia, Fran Kurniawan/Komala Dewi. Dengan kemenangan ini, pasangan asal klub PB Djarum pun berhak menjadi juara Bulgaria International Challenge 2014, yang berlangsung di Sofia Hall Borisova Garden, Bulgaria.

Untuk memenangkan pertandingan ini, pasangan Fran/Dewi butuh waktu cukup lama, yaitu 49 menit. Pada game pertama, pasangan ini harus mengakui keunggulan lawan. Ternyata mereka tidak bisa mengikuti pola permainan cepat lawan. Akibatnya mereka sering terburu-buru dan membuat kesalahan. Game ini pun akhirnya terlepas, skornya pun 18-21.

“Di game ini, kita mau paksakan bermain cepat tetapi malah kita kewalahan menghadapi mereka. Akibatnya kami tidak bisa mengimbanginya dan sering mati-mati sendiri,” sahut Fran, saat dihubungi.

Di awal game kedua, mereka masih mengunakan pola yang sama hingga waktu interval. Dan mereka pun mengambil inisiatif untuk mengubah pola bermain. Hasilnya mereka pun selalu memimpin perolehan poin. Akhirnya mereka mampu meraih game ini dengan skor kemenangan poin tipis, 21-19.

Sudah mengetahui titik kelemahan lawan, Fran/Dewi akhirnya sudah bisa mengatur permainan sejak awal game ketiga dimulai. Bahkan, lawan pun terlihat frustasi karena tidak bisa melakukan serangan balik. Game ini pun dimenangi mereka dengan skor akhir 21-13. Menurut Fran, di awal-awal game dua mereka masih bingung ingin menerapkan pola apa. Tapi sering waktu berjalan mereka pun mencoba untuk menurunkan tempo permainan.

“Game kedua dan game ketiga, kami coba mengubah tempo permainan lebih lambat. Ternyata lawan tidak meyukai pola bermainnya dilambatkan. Dari situ-lah kita ambil kesempatan ini. Di Bulgaria ini, Dewi permainannya lagi on banget. Sejak pertandingan perdana dan final, dia tampil lebih percaya diri,” tambah Fran.

Fran pun juga menambahkan bahwa gelar juara ini ia dedikasikan untuk klub PB Djarum dan President Director Djarum Foundation, Victor Rachmat Hartono. Mereka telah membantu dirinya hingga bisa seperti ini. Dan tidak lupa juga, ia dedikasikan buat keluarga besar khususnya ibu, istri, anak pertama dan anak kedua yang di dalam kandungan. Ia pun berharap prestasi yang didapatnya saat ini, akan menjadi motivasinya untuk meraih gelar juara di tiap turnamen yang diikutinya. (DS)