Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Swiss Open Grand Prix Gold 2015] Jonatan dan Andre ke Babak Ketiga
12 Maret 2015
[Swiss Open Grand Prix Gold 2015] Jonatan dan Andre ke Babak Ketiga
 
 

Tur Eropa yang dimulai sejak dua minggu lalu masih akan memberikan cerita pembuatan sejarah di dunia bulutangkis. Usai Jerman dan Inggris yang menjadi tuan rumah, kini giliran Swiss yang mendapat kesempatan menggelar turnamen berlevel grand prix gold. Di turnamen yang sudah berlangsung sejak Selasa (11/3) lalu ini, diwakili oleh beberapa atlet muda tanah air untuk mendulang pengalaman dan berburu gelar.

Babak utama Swiss Open 2015 ini sudah usai digelar kemarin (12/3), Indonesia diwakili oleh empat tunggal putranya, dua diantara mereka adalah pemain muda Pelatnas, Ihsan Maulana Mustofa dan Jonatan Christie dan dilengkapi oleh Sony Dwi Kuncoro serta alumni PB Djarum, Andre Kurniawan Tedjono.

Dari keempat tunggal ini, hanya dua yang akhirnya bisa melangkah hingga ke babak ketiga. Tunggal putra yang menggunakan format 64 pemain sebagai format maksimal jumlah pemain di level Grand Prix Gold ini, memainkan dua babak sekaligus dalam satu hari.

Jonatan atau akrab yang disapa Jo, berhasil melangkah ke babak kedua setelah bisa mengalahkan Thomas Rouxel dalam dua game langsung 21-15 dan 21-13. Lolos dari ujian pertama, Jonatan pun dinanti oleh Riichi Takeshita yang diunggulkan ditempat kesebelas. Pemain asal Jepang gitu melaju mulus usai menang 21-7 dan 21-9 atas Ronan Gueguin.

Berjumpa unggulan 11, Jonatan mampu menghadirkan kejutan pertama. Ia berhasil menundukkan Riichi dalam dua game langsung 21-12 dan 21-17. Di babak 16 besar hari ini (12/3) Jonatan akan berjumpa dengan wakil Malaysia Zulfadli Zulkiffli.

Kesuksesan ini berhasil diikuti oleh Andre. Di babak pertama, unggulan 14 ini harus berjibaku tiga game untuk menundukkan wakil Swiss, Nicolas Lenggenhager. Ia baru bisa memastikan diri untuk melaju ke babak kedua usai mencatat angka 19-21, 21-11 dan 21-8.

Di babak kedua, Andre kembali berjumpa dengan wakil Swiss. Kali ini Anthony Dumartheray menjadi korbannya. Seakan tak mau mengulang kesalahannya di babak pertama, Andre langsung menggebrak dan menang dalam dua game langsung 21-9 dan 21-13. Ia kemudian akan berjumpa dengan unggulan delapan, Takuma Ueda dari Jepang yang menang 21-14 dan 21-17 atas Toby Penty asal Inggris.

Sayang, keberhasilan kedua tunggal putra merah putih ini gagal diikuti oleh Ihsan dan Sony. Ihsan harus terhenti ditangan wakil Denmark, Christian Lind Thomsen usai kalah tipis 21-14, 20-22 dan 21-19 sementara Sony harus mengakui unggulan 13, Tzu Wei Wang dari Taipei dengan 11-21 dan 12-21.

Tunggal putri pun masih belum bisa melaju ke babak kedua. Dua wakil Indonesia, Bellaetrix Manuputty dan Linda Wenifanetri harus langsung terhenti. Bella takluk ditangan unggulan tujuh asal Thailand, Nichaon Jindapon dengan, 13-21 dan 17-21. Sementara, Linda kalah ditangan atlet Thailand lainnya yang diunggulkan ditempat kedelapan, Busanan Ongbumrungpan dengan 8-21 dan 10-21. (IR)