Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2016] Unggulan Korea, Takluk Ditangan Dheva
06 Oktober 2016
[Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2016] Unggulan Korea, Takluk Ditangan Dheva
 
 

Setelah Savira Sandradewi memberikan kejutan manis bagi tuan rumah, kali ini giliran tunggal putra U15, I Kadek Pande Dheva Brahmatya Putra yang memberikan kabar baik. Di laga Kamis (6/10), atlet yang akrab disapa Dheva ini sukses memenangi laga atas unggulan lima asal Korea, Lee Hak Joo.

Bertanding di lapangan enam GOR Djarum Jati, Kudus, Dheva berhasil terus memimpin di sepanjang game pembuka. Ia berhasil unggul tipis 11-10 di interval. Menghadapi perempat finalis Junior Grand Prix beberapa waktu lalu di Bintaro, Dheva berhasil tampil tenang. Ia pun menutup game pertama dengan skor 21-17.

Memasuki game kedua, Dheva pun berhasil tampil apik. Ia sukses unggul 17-13, namun sayang beberapa pengembaliannya yang kurang akurat membuat ia kehilangan banyak angka. Skor imbang diangka 19. Namun akhirnya, Dheva bisa tampil tenang dan menuntaskan laga dengan 21-19.

“Di lapangan tadi saya berusaha untuk tetap tenang. Meskipun memang di game kedua saya sempat kehilangan fokus dan bingung bagaimana harus mendapatkan angka lagi, malah saya sendiri sempat tegang saat lawan mulai mengejar, tetapi untung di akhir pertandingan saya bisa lebih tenang dan lawan juga banyak mati sendiri,” ungkap Dheva.

“Saya berusaha untuk mengatur kecepatan permainan tadi, itu juga menjadi salah satu kunci kemenangan saya,” tambahnya.

Di laga perempat final yang akan digelar besok (7/10), Dheva kembali akan berjumpa unggulan. Kali ini giliran wakil Exist Jakarta yang menjadi lawannya. Muhammad Akbar Firdaus berhasil lolos ke perempat final dengan menang mudah 21-13 dan 21-9 atas wakil Srilanka, Chaniru Mirando.

Ini akan menjadi pertemuan kedua bagi Dheva melawan Akbar. Di pertemuan sebelumnya, Dheva dipaksa mengakui keunggulan semifinalis Indonesia Junior Grand Prix 2016 itu dengan 18-21, 21-17 dan 18-21.

“Untuk pertandingan besok saya akan berusaha untuk tetap menjaga konsentrasi di lapangan, karena tadi beberapa kali sempat hilang konsentrasi di lapangan. Semoga bisa membalas kekalahan kemarin,” pungkasnya.

Turut melangkah ke perempat final adalah Muh Asqar Haryanto. Unggulan empat ini menang 21-3 dan 21-11 atas wakil Jepang, Riki Takei. Sementara itu Jevin Nohea Donalda dan Kana Luthfan Naufal harus terhenti. Jevin dipaksa mengakui keunggulan atlet Hong Kong, Ko Shing Hei dengan 11-21 dan 9-21, sementara Kana mengakui keunggulan wakil Korea, Yong Jin dengan 17-21 dan 20-22. (RI)