Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Swiss Open Grand Prix Gold 2017] Tontowi/Gloria Tantang Unggulan Teratas
16 Maret 2017
[Swiss Open Grand Prix Gold 2017] Tontowi/Gloria Tantang Unggulan Teratas
 
 

Tur eropa pemain Indonesia masih terus berlanjut. Setelah pekan lalu berlaga di All England 2017, maka kali ini perhatian bulutangkis dunia tertuju ke Swiss Grand Prix Gold 2017. Tontowi Ahmad yang pekan lalu berpasangan dengan Liliyana Natsir, pekan ini berlaga bersama Gloria Emanuelle Widjaja.

Merangkak dari babak kualifikasi, Tontowi/Gloria yang turun bersama untuk kedua kalinya ini berhasil melaju ke babak kedua. Di babak pertama yang digelar Rabu (15/3), mereka berjumpa ganda campuran yang juga lolos dari kualifikasi, Ruben Jille/Iris Tabeling.

Menghadapi wakil asal Belanda itu, Tontowi/Gloria langsung menggebrak di awal game pertama. Unggul jauh 9-1 setelah mendapat delapan angka beruntun, Tontowi/Gloria justru kehilangan empat angka beruntun usai interval. Selisih skor menipis, 12-9. Bahkan Ruben/Iris sempat mengejar setelah meraih tiga angka beruntun 14-13. Namun, mereka berhasil lepas dari tekanan dan akhirnya menutup game pembuka ini dengan 21-17.

“Kami terlalu banyak mati sendiri saat lawan mulai mengejar, dan kami mencoba untuk tetap fokus,” ujar Gloria saat dihubungi oleh tim pbdjarum.org.

Di game kedua, mereka lebih berada diatas angin. Usai kembali unggul 9-1 di awal game, mereka berhasil menjaga selisih skor tetap lebar. Unggul 17-11, mereka pun menutup laga ini dengan kemenangan 21-14.

Di babak kedua yang akan digelar Kamis (16/3), mereka sudah dinanti oleh Zheng Siwei/Chen Qingchen. Ganda unggulan teratas asal Tiongkok ini berhasil mengalahkan wakil Indonesia lainnya, Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika dengan 21-14 dan 21-19.

“Untuk lawan mereka yang jelas harus siap capek. Saya sendiri sudah bertemu dua kali sebelumnya, tapi waktu itu pasangan sama Obama (Edi Subaktiar – Red) skor 1-1. Untuk pertandingan nanti saya sudah siap,” pungkasnya.

Selain Tontowi/Gloria, Indonesia pun berhasil meloloskan Praveen Jordan/Debby Susanto untuk melaju ke babak kedua. Unggulan kedua ini dipaksa bertarung tiga game oleh Wang Chi-Lin/Lee Chia Hsin asal Taiwan. Menang 21-11 di game pembuka, mereka baru bisa menyelesaikan laga dengan 17-21 dan 21-17.

Sayang, satu wakil Indonesia lainnya, Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti harus terhenti ditangan Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich dari Jerman. Mereka kalah 22-24, 21-16 dan 15-21. (RI)