Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Luxemburg Open 2022] Pemain Muda Lolos ke Babak Utama
06 Mei 2022
[Luxemburg Open 2022] Pemain Muda Lolos ke Babak Utama
 
 

Para pebulutangkis muda Indonesia melanjutkan perjuangannya mencari pengalaman dan prestasi pada kejuaraan yang diselenggarakan di Eropa. Mereka bergerak dari Swedia menuju Luxemburg untuk ambil bagian pada kejuaraan Luxemburg Open 2022. Kejuaraan ini bukan khusus untuk para pemain junior, tetapi bersifat terbuka. Para pemain tunggal Indonesia harus mengawali pertandingan dari babak kualifikasi terlebih dahulu.

Satu tunggal putra, dua tunggal putri harus merangkak dari babak kualifikasi kemarin, Kamis (5/5). Semuanya sudah menjalani laga babak kualifikasi dan berhasil lolos ke babak utama.

Pebulutangkis putra asal PB Djarum, Jason Christ Alexander harus bertanding sebanyak tiga kali untuk bisa melewati babak kualifikasi. Semuanya bisa ia menangkan dalam dua game saja. Pertama kali menang dari pemain tuan rumah Jerome Pauquet dengan kedudukan 21-18, 21-17. Lalu di babak kedua kualifikasi Jason menundukkan pemain Prancis, Dimitri Jacquart dengan 21-12, 21-18.

Kemenangan 21-11, 21-15 dari Felix Hammes asal Jerman membawanya melangkah manis ke babak utama. Perjuangan berat akan dijalani Jason di babak pertama yang akan dimainkan hari ini (6/5). Jason sudah harus menantang unggulan ketiga dari Belgia, Julien Carrraggi. Jason menjadi satu-satunya tunggal putra Indonesia yang berlaga pada kejuaran yang menyediakan hadiah total US$ 5.000,-

Di tunggal putri, dua tunggal Indonesia juga memastikan diri ke babak utama. Aura Ihza Aulia dan Chiara Marvella Handoyo menjadi wakil Indonesia di kejuaraan yang di D’Coque Centre National Sportif & Culturel, Luxemburg, Luxemburg. Tidak seperti di tunggal putra, Aura dan Chiara hanya bertanding sebanyak dua kali saja untuk menembus babak utama. Baik Aura dan Chiara, sama-sama meraih kemenangan di babak kualifikasi hanya dalam dua game.

Di babak pertama kualifikasi, Chiara menang dari pemain Belanda yang lebih diunggulkan, Nadia Choukri dengan 21-11, 21-11, sementara Aura menaklukkan Anja Strausak dengan 21-9, 21-13. Selanjutnya di babak kedua kualifikasi, Chiara menghentikan Julie Franconville, 21-10, 21-. Bertemu dengan pemain yang lebih diunggulkan, Aura secara meyakinkan menang 21-14, 21-15 atas Ramona Uprus.

Baik Chiara maupun Aura sama-sama berpeluang bertemu dengan pemain unggulan di babak kedua. Tentunya dengan syarat keduanya bisa menang dari lawannya di babak pertama. Jika lepas dari Basia Grodynska asal Scotland, Chiara mungkin akan menghadapi unggulan ketujuh Helis Pajuste asal Estonia. Hal yang sama juga mungkin akan dijalani Aura. Jika bisa mengatasi Mansi Singh asal India di babak pertama, peluang bertemu unggulan pertama Daniella Gonda asal Hungaria cukup terbuka. (AR)