Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Masih Dilanda Covid-19, Asian Games Hangzhou 2022 Resmi Ditunda
08 Mei 2022
Masih Dilanda Covid-19, Asian Games Hangzhou 2022 Resmi Ditunda
 
 

Pertandingan olahraga multi event Asian Games Hangzhou 2022, akhirnya resmi ditunda. Hal ini dipastikan oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari yang telah mengonfirmasi langsung kabar tersebut kepada Dewan Olimpiade Asia (OCA).

“Terkait penundaan Asian Games, saya sudah konfirmasi langsung dengan OCA, mereka membenarkan Asian Games edisi ke-19 yang dijadwalkan berlangsung 10-25 September 2022 ditunda,” ujar Okto dalam rilis yang dikirimkan NOC Indonesia.

Asian Games Hanzhou dijadwalkan berlangsung pada 10-25 September 2022. Ini adalah kali ketiga China menjadi tuan rumah Asian Games, setelah sebelumnya penyelenggaraan berlangsung di kota Beijing (1990) dan Guangzhou (2010).

NOC Indonesia, dikatakan Okto, menyayangkan penundaan Asian Games Hangzhou. Terlebih, Federasi Nasional (NF) telah menyiapkan atlet  untuk dapat meraih prestasi maksimal di Asian Games.

“Penundaan ini tentu juga berdampak dengan pembinaan prestasi karena cabor telah menyiapkan skema pembinaan, baik turnamen single-event dan multi-event. Ini juga akan memengaruhi biaya yang akan ditanggung NF,” kata Okto.

Meski demikian, Okto menegaskan ia memahami situasi yang tengah terjadi di China. Negeri Tirai Bambu tengah dilanda gelombang Covid-19, bahkan Ibu kota China, Beijing, menutup puluhan stasiun metro dan rute bus sebagai upaya menghentikan penyebaran Covid-19.

Upaya tersebut juga dilakukan sebagai langkah antisipasi agar Beijing tidak seperti Shanghai yang tengah di-lockdown selama lebih satu bulan.

“NOC Indonesia juga memahami  keputusan OCA, China Olympic Committee  (COC) dan Hangzhou Asian Games Organizing Committee  (HAGOC), mengingat kasus Covid-19 di sana masih tinggi,” terang Okto.

“Kami concern dengan keselamatan dan kesehatan atlet. Kami pun mengerti karena tidak mudah menyelenggarakan multi-event di masa pandemi dan penundaan ini juga menjadi warning bagi kami, terutama sekarang sedang dalam masa persiapan akhir menuju SEA Games 2021 Vietnam. Ingat Covid-19 masih ada, sehingga atlet tetap harus menjaga protokol kesehatan (prokes) dan semoga Covid-19 ini cepat selesai.”

Okto menerangkan, saat ini NOC Indonesia juga masih menunggu surat resmi dari OCA. Termasuk terkait penetapan jadwal terbaru Asian Games yang masih dibicarakan OCA, COC, dan HAGOC. (NAF/NOC)