Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Malaysia Masters 2022] Menangi “Perang Saudara”, Fajar/Rian Raih Podium Tertinggi
10 Juli 2022
[Malaysia Masters 2022] Menangi “Perang Saudara”, Fajar/Rian Raih Podium Tertinggi
 
 

Pertandingan babak final ganda putra di Malaysia Masters 2022 menjadi laga ideal tim Indonesia yang mempertemukan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Setelah 32 menit, pertandingan akhirnya dimenangkan Fajar/Rian dengan 21-12, 21-19.

Berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu (10/7), Fajar/Rian mengaku senang dan bangga atas pencapaian mereka kali ini.

"Pertama-tama mengucap syukur alhamdulillah hari ini diberikan kelancaran dan kemenangan. Senang dan bangga, bukan hanya karena juara tapi karena bisa menang lawan senior kami apalagi sudah sangat berpengalaman. Gelar ini kami persembahkan untuk keluarga yang sedang merayakan Hari raya Idul Adha, untuk PBSI, dan seluruh support system kami," kata Rian usai pertandingan dalam rilis PBSI.

"Alhamdulillah bersyukur bisa menang di pertandingan final hari ini. Minggu lalu kami menjadi runner up dan hari ini kami bisa menjadi juara pastinya tidak mudah. Karena stamina sudah terkuras tapi kami bagaimana caranya untuk bangkit, untuk bisa lebih baik lagi," sambung Fajar.

Fajar/Rian memang terlihat sangat siap di laga final kali ini. Kekalahan di final Malaysia Open 2022 minggu lalu karena faktor fisik dan fokus benar-benar mampu diperbaiki oleh pasangan nomor lima dunia ini.

"Kami memang sudah siap di pertandingan hari ini. Kami tidak mau kekalahan minggu lalu terulang. Minggu lalu kami merasakan stamina kami terkuras, jadi kami lebih menyiapkan stamina dan fokusnya," ungkap Fajar.

"Kami tidak terlalu memikirkan siapa lawan kami, walau lawan teman sendiri tapi kalau sudah di lapangan tetap namanya lawan. Kami juga kan mau titel untuk menambah kepercayaan diri," lanjutnya.

Fajar/RIan sukses menambah jumlah gelar menjadi tiga dari enam kali masuk final sepanjang tahun 2022. Meski begitu Fajar/Rian masih merasa belum puas. Keduanya kini menatap Kejuaraan Dunia menjadi target berikutnya.

"Tetap banyak evaluasinya walau sudah dapat tiga gelar dan tiga runner up. Kami tetap tidak mau mudah puas karena masih banyak turnamen di depan yang ingin kami raih. Salah satunya Kejuaraan Dunia," ujar Rian.

"Untuk jangka pendek kami akan ke Singapore Open, semoga tetap bisa mempertahankan konsistensi dan performa permainan. Kalau bisa, raih gelar juga. Kami perlu poin untuk ke depan. Kalau ranking sudah tidak dibekukan nanti, kami mau naik peringkatnya yang pasti," tutur Fajar.

Sementara, The Daddies, julukan Ahsan/Hendra tidak ingin berlarut-larut dalam kekalahan. Singapore Open 2022 menjadi tujuan selanjutnya.

"Alhamdulillah tetap bersyukur sudah bisa melewati partai final ini walau dengan kekalahan. Selamat juga untuk Fajar/Rian. Di gim pertama kita kalah angin lumayan kencang jadi tertekan terus. Sulit untuk keluar dari tekanan tersebut. Di gim kedua kita mulai bisa menekan tapi di poin-poin akhir banyak melakukan kesalahan sendiri," ujar Ahsan.

"Kita sudah beberapa kali bertemu mereka, kalau sudah di lapangan kita tetap fight. Setelah ini, langsung fokus untuk di Singapore Open. Semoga hasilnya bisa lebih baik," kata Hendra.

Tak lupa, Ahsan/Hendra pun berpesan kepada Fajar/Rian untuk terus stabil dan konsisten. "Performa Fajar/Rian sudah bagus tapi tetap harus stabil ya dan semoga ke depannya kita berharap mereka bisa juara yang lebih besar lagi," pesan Hendra.

Dengan hasil ini, Indonesia meraih dua gelar juara dan runner up. Berikut hasil lengkap babak final Malaysia Masters 2022.

Tunggal Putra

Chico Aura Dwi Wardoyo vs Ng Ka Long Angus (8/Hong Kong), 22-20, 21-15

Tunggal Putri

An Se Young (3/Korea) vs Chen Yu Fei (4/China), 21-17, 21-5

Ganda Putra

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (6) vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (3), 21-12, 21-19

Ganda Putri

Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (1/China) vs Nami Matsuyama/Chiharu Shida (6/Jepang), 21-11, 21-12

Ganda Campuran

Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (2/China) vs Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, 21-17, 21-12 (NAF/PBSI)