Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Singapore Open 2022] Tiga Tunggal Putra ke Babak Kedua
13 Juli 2022
[Singapore Open 2022] Tiga Tunggal Putra ke Babak Kedua
 
 

Tiga tunggal putra Indonesia masih bertahan di kejuaraan bulutangkis Singapore Open 2022. Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan pemain senior Tommy Sugiarto lolos dari babak pertama di kejuaraan dengan level BWF World Tour Super 500.

Jonatan membuka lembaran babak pertamanya dengan memetik kemenangan. Kashyap Parupali, pemain India yang pernah mengalahkannya di kejuaraan bulutangkis Malaysia Masters 2015, bisa dihentikan dalam waktu 37 menit. Jonatan menang straight game 21-14, 21-15.

Pemain yang biasa disapa dengan Jojo ini masih butuh waktu untuk membaca situasi lapangan baik arah angin maupun shuttlecock yang digunakan. "Memang kurang lebih kondisinya ada menang angin dan kalah angin. Cuma laju shuttlecocknya di sini berbeda. Dari sisi pola permainan yang saya kembangkan tidak ada perbedaan yang banyak dibanding saat tampil di Malaysia lalu," ujar Jojo kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

Dari awal saya yakin bisa mengatasi dia. Apalagi, dia kini sudah tidak muda lagi. Dulu pun pada ajang Malaysia Masters 2015, saya juga hampir menang. Hanya, saat itu saya baru naik tampil ke level super series, sementara dia saat itu masih bagus juga penampilannya," ungkpanya

Pada babak kedua yang akan dilangsungkan besok (13/7), Jojo akan menghadapi pemain dari Jepang Kodai Naraoka. Bekal pengalaman menang pada pertemuan perdana di kejuaraan Korea Open 2022 tentunya membuat rasa percaya diri yang tinggi bagi Jojo.

"Untuk menghadapi pertemuan besok, tinggal menerapkan bagaimana strategi dan pola permainan yang pas saja. Baik itu saat kondisi menang angin atau saat kalah angin. Sebab, saat di Korea lalu, shuttlecock-nya lambat, sementara di sini terasa lebih cepat," tuturnya.

Anthony Sinisuka Ginting kembali menang dari pemain Taiwan, Wang Tzu Wei. Anthony menang untuk kelima kalinya dari lawan yang berada pada peringkat 16 dunia. Kali ini Anthony menang 21-19, 21-16. Pemain senior Tommy Sugiarto sukses menghentikan tunggal putra ruan rumah Singapura, Jia Heng Jason The dengan 21-12, 21-15.

Anthony yang merupakan unggulan keempat akan bertemu dengan pemain Taiwan lainnya Lin Chun Yi. Secara peringkat, Anthony jelas lebih diunggulkan. Anthony ada di peringkat enam sementara lawannya menempati peringkat 85. Sementara itu Tommy akan bertemu dengan jagoan tuan rumah Loh Kean Yew. Pada pertemuan perdana di kejuaraan Australia Open 2019 lalu, Tommy bisa menang dari Juara BWF World Championships 2021 asal tuan rumah.

Sayangnya Chico Aura Dwi Wardoyo harus mengubur impiannya dalam-dalam usai disingkirkan pemain dari Kanada, Brian Yang dengan 12-21, 17-21. (AR)