Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Petronas Malaysia Open 2023] Pasangan Malaysia Pelajari Rehan/Lisa dari Nova Widianto
12 Januari 2023
[Petronas Malaysia Open 2023] Pasangan Malaysia Pelajari Rehan/Lisa dari Nova Widianto
 
 

Laga babak dua ganda campuran Petronas Malaysia Open 2023 mempertemukan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dengan pasangan Malaysia, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei. Dalam pertandingan tersebut, kemenangan akhirnya diraih oleh Chen/Toh dalam dua game langsung, dengan skor 21-19, 21-16.

Pertandingan kali ini menjadi cukup penting buat kedua pasangan tersebut. Selain memperebutkan tiket ke perempat final, ada hal lain yang cukup menarik terjadi di lapangan. Sebab pelatih pasangan Malaysia saat ini merupakan mantan pelatih tim nasional Indonesia, Nova Widianto.

Dalam sesi wawancara usai pertandingan, Kamis (12/1), Chen/Toh membenarkan bahwa kemenangannya kali ini merupakan campur tangan Nova Widianto. Nova dikatakan memberi “bocoran” untuk memastikan kemenangan mereka atas Rehan/Lisa.

“Terima kasih kepada Coach Rexy dan Coach Nova. Coach memang memberi tahu kalau mantan anak didiknya tampil konsisten di defend tapi power mereka kurang. Makanya coach menginstruksikan saya untuk tidak buru-buru, sabar sedikit, inilah kunci kemenangan kami,” kata Chen.

Chen/Toh juga menyampaikan rasa syukur mereka mendapat pelatih seperti Nova yang sudah berpengalaman. Meski baru sebentar berlatih dengan Nova, Chen/Toh mendapat banyak masukan untuk penampilannya yang lebih baik.

“Coach Nova sudah berpengalaman dan profesional. Kami appreciate Coach Nova datang lebih cepat 2-3 minggu untuk mempersiapkan kami menuju turnamen ini. Kami ucapkan terima kasih untuk coach yang sudah melatih kami,” kata Chen.

“Ada masukan juga dari Coach Nova supaya kami bisa mengontrol emosi kami lebih baik, terutama buat saya. Itu masukan yang penting buat kami,” tambah Toh.

Di sisi lain, Rehan/Lisa juga mengatakan bahwa lawan memiliki keunggulan karena bisa mengetahui kondisi mereka dari sang pelatih. Meski begitu keduanya mengaku sudah berusaha keras untuk merebut kemenangan. Sayang akhirnya kali ini Rehan/Lisa harus mengakui keunggulan lawannya tersebut.

“Sebenarnya main kami sama saja. Tapi mungkin mereka lebih unggul dari segi taktik. Karena di belakang mereka kan mantan pelatih kami. Dia pasti tahu kelemahan dan kelebihan kami. Terus saya juga ada kesalahan karena terbawa emosi di poin-poin kritis, pas dicurangi bola out. Terus itu jadi boomerang buat kami,” ujar Rehan.

Dengan kekalahan Rehan/Lisa maka ganda campuran Indonesia menyisakan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaj. Di babak perempat final, Dejan/Gloria akan berhadapan dengan Kim Won Ho/Jeong Na Eun (Korea). (NAF)