Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia Championships 2023] Praveen/Melati Rebut Kemenangan Pertama
25 April 2023
[Badminton Asia Championships 2023] Praveen/Melati Rebut Kemenangan Pertama
 
 

Ganda campuran PB Djarum, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti sukses mengamankan kemenangan pertamanya di Khiladix.com Dubai Badminton Asia Championships 2023 powered by Floki, Selasa (25/4). Di babak pertama mereka mengalahkan pasangan Jepang, Kyohei Yamashita/Naru Shinoya dengan skor 21-17, 21-16.

Kemenangan Praveen/Melati diraih dalam 35 menit pertandingan. Penampilan pembuka mereka terpantau cukup meyakinkan. Praveen/Melati mampu mengatasi lawannya dengan terus mendominasi dari awal hingga akhir.

“Pasangan Jepang kan memang mainnya ulet jadi kami tadi sebelum tanding sudah diskusi agar tidak kalah start dari mereka. Kondisi saya bisa dibilang semakin hari memang semakin membaik, progresnya kelihatan naik terus dan semakin berkurang kendala di pasca cederanya. Kalau awal-awal kan masih takut tapi semakin ke sini semakin nyaman,” kata Praveen.

Hasil ini sekaligus menambah catatan positif Praveen/Melati dalam head to head-nya menjadi 2-0, dengan Yamashita/Shinoya. Sebelumnya pasangan Indonesia tersebut juga berhasil menang 21-17, 22-20 pada Badminton Asia Championships 2022 lalu.

“Saya bilang sama Jordan untuk langsung in mainnya, jangan biarkan lawan berkembang dengan terus menekan. Kami tahun lalu di turnamen yang sama juga bertemu mereka jadi kurang lebih sudah tahu permainannya. Di lapangan tidak ada kendala berarti, oke-oke saja semua,” ujar Melati.

Lolos ke babak dua, Praveen/Melati akan berhadapan dengan Chen Tang Jie/Toh Ee Wei (Malaysia). Laga tersebut menjadi pertemuan pertama Praveen/Melati dengan Chen/Toh. Praveen/Melati patut waspada sebab lawannya itu merupakan anak asuh dari mantan pelatih mereka sendiri, Nova Widianto.

“Untuk pertandingan berikutnya kan masih lusa jadi besok mau latihan dulu untuk mempersiapkan strategi dan kondisi kami. Dan pastinya pelajari juga pola lawan lewat video,” ujar Praveen.

“Lawan kami di babak 16 besar kan pelatihnya Om K (Nova Widianto), sudah sangat hafal dengan kami jadi harus benar-benar disiapkan nanti dari teknis maupun non teknisnya,” sambung Melati.

Selain Praveen/Melati, dua ganda campuran Indonesia juga akan bertanding hari ini. Mereka adalah, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang akan melawan Chang Ko Chi/Lee Chih Chen (Taiwan), serta pasangan PB Djarum Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang akan bertemu Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China).

Sementara Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari baru akan bertanding besok (26/4) setelah memastikan lawannya dari babak kualifikasi, Chamath Dias/Natasha Gunasekera (Sri Lanka). Pertandingan ini digelar di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab. (NAF)