Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Xpora Indonesia International Challenge 2023(Surabaya)] Empat Tunggal Putra Lolos
18 Oktober 2023
[Xpora Indonesia International Challenge 2023(Surabaya)] Empat Tunggal Putra Lolos
 
 

Harapan Indonesia masih terbuka dari sektor tunggal putra pada kejuaraan bulutangkis Xpora Indonesia International Challenge 2023 yang berlangsung di Surabaya. Sebanyak empat tunggal putra Indonesia berhak meneruskan pertandingan ke babak ketiga.

Bagi tunggal putra merah putih Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, babak ketiga yang akan dimainkan besok (19/10) akan menjadi laga perdananya di kejuaraan ini. Pasalnya, babak pertama dan kedua bisa ia lewati tanpa harus memeras keringat karena lawan-lawannya memilih mundur. Ikhsan akan bertemu dengan Hiraku Minegishi. Pemain dari Jepang inilah yang mengandaskan harapan tunggal putra Indonesia, Jason Christ Alexander. Jason kalah ditangan Hiraku dalam rubber game 21-18, 19-21, 17-21.

Yohanes Saut Marcellyno mendapat kemenangan cepat di babak kedua. Bertanding menghadapi pemain dari Malaysia, Yap Juin An, Yohanes tidak harus menyelesaikan pertandingan karena lawan memberikan kemenangan untuknya. Usai menang di game pertama dengan 21-10, dan unggul 10-0 di game kedua, pemain Malaysia berperingkat 307 tidak meneruskan pertandingan.

“Pada laga ini saya masih mencoba mencari bentuk permainan saya mengingat lawan juga tidak bermain maksimal. Semoga tidak terjadi apa-apa kepada Yap Juin An karena saya tidak mengetahui secara persis kejadian yang terjadi. Semoga lekas sembuh,” ujarnya kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

Tunggal putra senior Indonesia, Tommy Sugiarto juga tidak mau kalah. Tiket babak ketiga sudah berada dalam genggamannya. Hanya saja ia harus bertanding cukup lama saat menghadapi pemain Malaysia, Ming Hong Lim dengan angka yang sangat rapat 21-14, 20-22, 22-20.

Saya mencoba mengontrol lawan supaya tidak melakukan serangan terus kepada saya. Saya melihat lawan punya keunggulan postur badan, jadi saya mencoba bermain lebih tenang dan tidak terburu-buru untuk melakukan serangan,” tutur Tommy.

Krishna Adi Nugraha juga harus memeras keringat lebih banyak. Laga tiga game harus ditempuh Krishna untuk mengamankan satu tempat di babak ketiga. Krishna menang 14-21, 21-18, 21-10 atas tunggal Malaysia, Kok Jing Hong.

Selain Ikhsan, dua tunggal putra Indonesia akan bersua pemain Jepang lainnya di babak ketiga. Yohanes akan menantang unggulan ketiga Yushi Tanaka, Tommy akan mencoba menghadang Shota Omoto. Sementara itu, Krishna kembali akan bertemu ganda Malaysia lagi. Krishna akan menjamu M Atef Haikal Taufik. (AR)