Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Madrid Spain Masters 20214 by Iberdrola] Tiga Tempat Final Untuk Indonesia
30 Maret 2024
[Madrid Spain Masters 20214 by Iberdrola] Tiga Tempat Final Untuk Indonesia
 
 

Kembali dalam waktu yang berdekatan, Indonesia bisa menempatkan tiga wakilnya pada babak final. Pekan kemarin, Indonesia sukses memilki 3 wakil di babak final pada kejuaraan Yonex Swiss Open 2024. Kali ini dikejuaraan Madrid Spain Masters 20214 by Iberdrola, Indonesia juga punya tiga tiket babak final. Pada kejuaraan yang dilaksanakan di Madrid, Spanyol, wakil Indonesia dibabak puncak datang dari sektor ganda campuran, ganda putri dan ganda putra. Pada babak semifinal yang dimainkan hari ini (30/3) semuanya bisa menghadang lawan-lawanya.

Di sektor ganda campuran ada pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Runner up Orleans Masters 2024 ini melesat ke babak final dengan menghentikan ganda asal India Reddy B Sumeeth/Reddy Sikki dengan straight game 21-17, 21-12. Di ganda putri pasangan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi juga ikut melenggang ke babak final. Ganda asal Taiwan Lee Chia Hsin/Teng Chun Hsun dihentikan juga dalam dua game 21-12, 21-7. Bagi pasangan ganda putri yang akrab disapa dengan Ana/Tiwi, ini merupakan kemenangan ketiganya secara berturut-turut dari pasangan Taiwan yang ada diperingkat 25 dunia. Di sektor ganda putra Indonesia diwakili oleh pasangan Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani. Butuh tiga game bagi Sabar/Reza untuk bisa menembus babak final. Sabar/Reza dipaksa bermain rubber game oleh pasangan asal Denmak William Kryger Boe/Christian Faust Kjaer sampai akhirnya menang 21-15, 16-21, 21-15.

Besok (31/3) di babak final Rinov/Pitha akan bertemu dengan pasangan dari China Cheng Xin/Zhang Chi. Ganda China ini harus di waspadai. Unggulan kedua asal Prancis, Thom Qicquel/Delpine Delrue bisa di hentikan pada babak semifinal dengan 10-21, 21-19, 21-19. Ganda Indonesia Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata juga turut menjadi korban di babak kedua. Ganda campuran Indonesia lainnya, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja juga pernah kalah di kejuaraan Yonex Swiss Open 2024.

Sektor ganda putri akan memainkan final ideal. Unggulan pertama dan kedua akan saling bertemu di babak final. Rin Iwanaga/Kie Nakanishi akan menjadi lawan bagi Ana/Tiwi. Satu kali sudah keduanya bertemu pada kejuaraan Kumamoto Masters 2023. Sayangnya masa itu Ana/Tiwi harus menelan kekalahan.

Sabar/Reza di sektor ganda putra akan meladeni permainan pasangan asal Malaysia Junaidi Arif/Roy King Yap. Data statistik masih menunggulkan pasangan Indonesia. Dari tiga kali pertemuan sebelumnya, dua kali Sabar/Reza bisa mengemas kemenangan.

Sementara itu tunggal putri Indonesia Komang Ayu Cahya Dewi gagal menembus babak final. Pemain asal PB Djarum ini dihentikan oleh tunggal putri terbaik Thailand, Ratchanok Inthanon dengan rubber game 12-21, 22-20, 13-21. (AR)