Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > Atlet PB Djarum Antar Jawa Tengah Raih Piala Presiden
06 Agustus 2022
Atlet PB Djarum Antar Jawa Tengah Raih Piala Presiden
 
 

Tim Jawa Tengah berhasil mencatatkan prestasi gemilang di Piala Presiden 2022, dengan mengantongi 9 gelar juara dari 11 nomor yang dipertandingkan. Kesuksesan tersebut tak terlepas dari peran PB Djarum yang menyumbang kemenangan bagi Jawa Tengah secara utuh.

Pada laga yang berlangsung di GOR Nanggala Cijantung, Jakarta Timur itu, Jawa Tengah mengirimkan 66 atlet yang terdiri dari 55 atlet PB Djarum, 7 atlet Jaya Raya Solo, 3 atlet PMS Solo dan 1 atlet Tri Star Karanganyar.

Hasilnya, Jawa Tengah meraih 9 medali emas, 7 medali perak dan 12 medali perunggu. Posisi kedua diraih DKI Jakarta dengan 1 medali emas, 4 medali perak dan 6 medali perunggu. Kemudian di posisi ketiga ditempati Sumatera Utara dengan 1 medali emas. Terakhir ada Banten dengan raihan 2 medali perunggu. Sementara itu 26 pengprov lainnya termasuk Jawa Barat dan Jawa Timur, belum berhasil mengirimkan wakil ke babak semifinal.

Piala Presiden diserahkan oleh Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto yang mewakili Presiden RI Joko Widodo, kepada Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf. Presiden Jokowi berhalangan hadir karena harus menutup pesta olahraga ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah.

“Olahraga adalah bagian penting dalam pembangunan bangsa, kalau rakyatnya kuat, bangsanya kuat. Kalau rakyatnya lemah, bangsanya lemah. Karena itu olahraga adalah salah satu tolak ukur pembangunan suatu bangsa. Para peserta, para pembina, atlet dan pelatih menjalankan suatu peran penting. Dari kejuaraan ini kita harapkan tiga sampai empat tahun yang akan datang akan mewakili Indonesia di kejuaraan-kejuaraan tingkat dunia. Dan dalam kejuaraan ini dari 30 provinsi dan seperti yang kita tahu bersama Jawa Tengah keluar sebagai juara umum,” kata Prabowo dalam sambutannya.

Selain mendapatkan Piala Presiden, Jawa Tengah juga mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp250 juta.

Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf mengapresiasi pencapaian PB Djarum yang mengantarkan Jawa Tengah merebut Piala Presiden 2022. Basri juga mengatakan bahwa atlet muda yang menjadi juara di turnamen ini bisa menjadi aset PBSI untuk menjadi penerus bulutangkis Indonesia di kancah dunia.

“Pengprov Jawa Tengah mengapresiasi PB Djarum karena memberikan kontribusi yang spektakuler. Karena 99 persen kesuksesan Jawa Tengah disumbangkan PB Djarum. Selain itu juga ada peran dari klub-klub Jawa Tengah lainnya yaitu dari Jaya Raya Solo, PMS Solo dan Tri Star Karanganyar. Semoga hasil ini membuat klub-klub tersebut semakin semangat dalam berprestasi,” kata Basri.

“Kami juga mengapresiasi turnamen ini, karena sangat bagus untuk regenerasi berikutnya. Dengan adanya Piala Presiden, PBSI sudah punya aset atlet muda untuk menjadi penerus di tingkat dunia,” ujar Basri.

Lebih lanjut, Basri juga berharap pembinaan atlet bulutangkis khususnya di Jawa Tengah terus berjalan dengan baik. Kemenangan Jawa Tengah di Piala Presiden gelaran pertama ini menjadi

“Ke depannya pembinaan yang sudah ada harus terus berlangsung, jangan kendor. Ini adalah awal yang baik, tapi jangan cepat puas. Selanjutnya para atlet harus waspada dan tidak boleh lengah,” kata Basri.

Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin menyatakan kegembiraannya atas hasil yang diraih para atlet PB Djarum. Namun Yoppy berharap para atlet tidak langsung berpuas diri. Kemenangan ini diharapkan bisa menjadi pemantik prestasi lain di kemudian hari.

“Kami sangat gembira dengan hasil di Piala Presiden 2022. Tapi kami juga mengingatkan para atlet untuk tidak sombong dan tidak berpuas diri. Karena setelah ini masih banyak tantangan dan kejuaraan yang harus dimenangkan. Kita boleh senang, tapi tidak boleh terlena. Semoga kemenangan ini bisa menjadi motivasi buat turnamen ke depannya,” kata Yoppy.

“Kami mengapresiasi perjuangan para atlet di Piala Presiden 2022. Dari pengurus dan pelatih memang berharap para atlet menunjukkan prestasi hasil pembinaan selama ini. Dan anak-anak menjawabnya dengan prestasi. Kami berharap hasil ini membuat mereka lebih semangat lagi,” kata Yoppy lagi.

Keluar sebagai juara umum dengan 9 gelar juara dikatakan Yoppy telah melampaui target awal. Sebelumnya Jawa Tengah menargetkan posisi juara umum dengan 6 gelar juara.

“Hasil ini melebihi ekspektasi kami. Kami memang menargetkan juara umum, tapi dengan enam gelar juara. Ternyata tim berhasil membawa 9 gelar. Meski begitu tetap ada evaluasi yang harus dilakukan. Terutama untuk sektor tunggal putri,” ungkap Yoppy.

Berikut nama-nama atlet Jawa Tengah peraih medali emas di Piala Presiden 2022:

TAPA: Alif M. Akbar

TAPI: Aqelatul Amaliyah Rahma

TPA: Radithya Bayu Wardana

GPA: Muhammad Rizki Mubarrok/Raihan Daffa Edsel

GPI: Jolin Angelia/Shaafiya Yasmin Maitsaa

TRA: Moh. Zaki Ubaidillah

GRA: Dapa Lesmana/Pulung Ramadhan

GRI: Bernadine Anindya Wardana/Titis Maulida Rahma

GRC: Darren Aurelius/Titis Maulida Rahma

(NAF)