Tips Latihan
Home > Klub > Tips Latihan > Teknik Latihan Bulutangkis (Edisi 27): Smash
26 April 2013
Teknik Latihan Bulutangkis (Edisi 27): Smash

Smash adalah pukulan overhead yang di arahkan ke daerah lawan secara menukik dan dilakukan dengan kekuatan penuh. Jenis pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang, karena bertujuan untuk mematikan lawan. Jenis pukulan ini memiliki karakteristik keras serta  laju shuttlecock berjalan cepat. Jenis pukulan ini membutuhkan kekuatan pada otot tungkai, bahu, lengan dan fleksibilitas pergelangan tangan.

Untuk melancarkan Smash, dapat di lakukan dengan cara stagnan (diam/berdiri) atau dapat juga sambil melakukan lompatan seperti yang dilakukan Lim Swie King atau Hariyanto Arbi.

Langkah melakukan smash:

- Perhatikan posisi footwork pada saat akan melakukan smash.

- Tangan, tubuh harus dalam keadaan rileks

- Mulailah dengan lengan yang tidak memegang raket menunjuk ke arah shuttlecock sementara lengan yang memegang raket di angkat, dengan siku ditekuk dan pergelangan tangan tegak sehingga raket berada di atas dan menunjuk keatas

- Putar bahu pada tangan yang memegang raket ke arah depan dan ke bawah

- Usahakan sebisa mungkin (jika tidak melakukan smash lompat) pada saat bahu berputar, secara bersamaan ayunkan kaki yang searah dengan raket.

- Sementara lengan bawah di ayun ke depan, lecutlah (tekuk) pergelangan tangan.

- Shuttlecock yang mengenai raket harus berada di bagian tengah dengan permukaan raket yang rata. Titik tumpuan harus sedikit di depan.

Untuk lebih jelasnya silakan simak video berikut ini: