Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Ahsan/Hendra Tetap Pimpin Peringkat Dunia
06 Januari 2014
Ahsan/Hendra Tetap Pimpin Peringkat Dunia
 
 

Pasangan ganda putra nomor satu Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tetap memimpin peringkat ganda putra dunia di pekan pertama tahun 2014. Juara Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2013 ini berada di atas ganda Korea Selatan Lee Yong Dae/Ko Sung Hyun yang berada di peringkat ke-2.

Jago Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen menempati peringkat ke-3. Mereka lebih baik di bandingkan ganda Korea Selatan lainnya Kim Ki Jung/Kim Sa Rang yang berada di peringkat ke-4. Di lima besar dunia terdapat juara All England Super Series 2013 asal China Liu Xiaolong/Qiu Zihan. Ganda muda Indonesia yang juga merupakan juara SEA Games 2013 lalu, Angga Pratama/Rian Agung Saputra tepat berada pada peringkat 10 dunia.

Ganda campuran menjadi nomor yang memiliki peringkat terbaik kedua setelah ganda putra. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang menjadi ganda campuran terbaik Indonesia yang masuk dalam jajaran elit dunia. Juara All England Super Series 2013 ini menjadi ganda nomor dua dunia setelah Zhang Nan/Zhao Yunlei asa China yang berada di puncak peringkat dunia. Pasangan Denmark Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen  berada pada peringkat tiga dunia. Mereka lebih baik ketimbang ganda China Xu Chen/Ma Jin yang menguntit di peringkat ke4.


Sang kuda hitam, pasangan suami istri Chris Adcock/Gabrielle Adcock menjadi pasangan yang menempati lima besar dunia. Indonesia sebenarnya masih mempunyai pasangan yang masuk dalam jajaran sepuluh besar dunia. Hanya sayang, pasangan Praveen Jordan/Vita Marissa yang menempati peringkat tujuh dunia telah bercerai. Vita Marissa akhirnya berpasangan kembali dengan Muhammad Rijal, sementara Praveen Jordan menggantikan posisi Muhammad Rijal menjadi pasangan Debby Susanto. Sementara itu pasangan kakak beradik, Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet menjadi pasangan yang berada pada peringkat sembilan dunia.

Dua tunggal putra Indonesia masuk dalam jajaran sepuluh besar dunia. Tommy Sugiarto dan Sony Dwi Kuncoro menjadi dua nama yang mewakili tunggal putra Indonesia pada peringkat dunia. Tommy masuk menjadi peringkat empat dunia sedangkan Sony menempati peringkat delapan dunia. Di pucuk pimpinan masih kuat bertahan, Lee Chong Wei asal Malaysia.

Di ganda putri hanya pasangan Pia Zebadiah Bernadet/Rizky Amelia Pradipta yang bertahan di sepuluh besar dunia atau tepatnya pada peringkat tujuh dunia. Dua pasang ganda putri lainnya mulai merangsek masuk sepuluh besar dunia. Vita Marissa dan pasangannya Variella Aprilsasi tinggal selangkah lagi bisa menempuh sepuluh besar dunia. Di minggu pertama bulan Januari 2014, mereka masih berada pada uturan 11 dunia. Pasangan Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii juga mempunyai peluang untuk menjadi pasangan elite dunia. Peringkat dua belas menjadi posisi mereka saat ini.

Lindaweni Fanetri menjadi pemain tunggal putri Indonesia satu-satunya yang masuk dalam peringkat dua puluh besar dunia. Di awal tahun ini, peringkat dunianya masih berada pada urutan dua puluh besar dunia. Ini masih baik di banding rekannya yang lain seperti Aprilia Yuswandari, Bellaetrix Manuputy, Hera Desi. (AR)