Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Ribka Sugiarto Mundur dari Bulutangkis Indonesia
17 Mei 2024
Ribka Sugiarto Mundur dari Bulutangkis Indonesia
 
 

Pemain ganda putri, Ribka Sugiarto memutuskan mundur sebagai atlet bulu tangkis Indonesia. Keputusan pensiun ini disampaikan PBSI pada Kamis (16/5), dalam konferensi pers yang berlangsung di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur.

“Ribka menyampaikan ke Coach Eng Hian secara lisan untuk mengundurkan diri dari PBSI. Secara resmi memang belum menyampaikan surat, tapi secara lisan sudah disampaikan. Ribka mengatakan akan mempersiapkan untuk jenjang kehidupan berikutnya,” kata Ricky Soebagdja, Kabid Pembinaan dan Prestasi PBSI.

Dalam kesempatan berbeda, Ribka juga mengonfirmasi pengunduran dirinya. Ribka mengatakan ingin fokus untuk mempersiapkan pernikahannya dengan pebulutangkis ganda putra, Muhammad Rian Ardianto.

Ribka juga menyampaikan bahwa keputusannya ini sudah melalui proses panjang dalam dirinya. Ia juga beberapa kali sempat berdiskusi dengan pelatih, orangtua, dan orang terdekatnya untuk membicarakan keinginannya.

“Dari saya sendiri sebenarnya sudah dari tahun lalu ingin mengundurkan diri. Tapi Koh Didi (Eng Hiang) memberikan pandangan dan masukan untuk mencoba kembali. Saya akhirnya mencoba lagi di awal tahun sampai kemarin, tapi sepertinya hawanya sudah berbeda. Jadi saya putuskan untuk mundur dan fokus mempersiapkan pernikahan,” jelas Ribka kepada PBDjarum.org.

“Sebenarnya cukup susah dan berat juga saat membuat keputusan ini. Tapi akhirnya saya fokus saya tujuan saya untuk memulai kehidupan yang baru,” ungkap Ribka.

Ribka merupakan pemain besutan PB Djarum yang bergabung ke Pelatnas pada tahun 2017. Sejak saat itu, ia berhasil mencetak prestasi di antaranya medali perak Piala Uber 2024, medali perak SEA Games 2021 dan 2019, juara Swiss Open 2024, hingga tiga gelar juara Indonesia Masters Super 100.

“Alhamdulillah, selesai sudah perjalananku di badminton. Selalu bersyukur apa yang udah dicapai dan dijalani sampai sekarang. Tidak ada penyesalan buatku untuk mengambil keputusan ini, karena sudah aku pikirkan cukup lama dan sekarang mungkin waktu yang tepat,” tulis Ribka dalam unggahan sosial medianya.

“Terima kasih teman-temanku yang sudah ikut serta juga di dalam perjalanan hidupku. Semoga kalian sukses semua di jalannya masing-masing. Terima kasih juga yang sudah support aku dari kecil sampe sekarang. See you on top gais,” tutup Ribka. (NAF)