Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tontowi/Liliyana Siap Bertarung
14 Juni 2011
Tontowi/Liliyana Siap Bertarung
 
 

Pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir kembali turun gunung. Liliyana yang sempat mengalami cidera pada otot tendon akan mencoba menambah koleksi gelar juara. Kali ini ia akan mencoba merebut gelar pada kejuaraan Singapore Open Super Series 2011. Bersama Tontowi, pada tahun ini mereka sudah sudah merengkuh dua gelar juara yakni pada kejuaraan Yonex Sunrise Malaysia Open Grand Prix Gold dan Yonex Sunrise India Open Super Series.

Babak pertama Singapore Open Super Series, pasangan yang menempati unggulan ke empat ini masih harus menunggu pasangan yang lolos babak kualifikasi. Seandainya mereka bisa menang, kemungkinan akan bertemu dengan pasangan China Xu Chen/Ma Jin pada babak kedua. Tetapi itupun jika pasangan China bisa mengalahkan pasangan dari Rusia yang bermain apik pada putaran final piala Sudirman 2011 lalu, yakni Alexandr Nikolaenko/Valeri Sorokina. Sebenarnya antara Liliyana dengan Ma Jin, keduanya sudah sering bertemu dalam pertandingan internasional. Hanya saja kali ini mereka akan di temani dengan pasangan barunya dan kejuaraan Singapore Open Super Series 2011 menjadi tempat pertemuan pertama bagi kedua pasangan ini. Prestasi terbaik pasangan China pada semester pertama tahun ini adalah menjadi juara pada kejuaraan Yonex All England Open Badminton Championship 2011. Tetapi penampilan mereka masih terbilang labil. Tercatat pasangan China ini penah dikalahkan oleh pasangan ganda campuran Indonesia yang baru dibentuk, Riky Widianto/Shendy Puspa Irawati.

Muhammad Rijal/Debby Susanto berada pada grup berat. Ia berada dekat dengan unggulan utama Zhang Nan/Zhao Yunlei dari China. Sebelum bertemu dengan pasangan China, Rijal/Debby akan ditantang pasangan Jepang Hirokatsu Hashimoto/Mizuki Fujii. Secara peringkat pasangan Indonesia jauh berada diatas pasangan Jepang. Tetapi secara permainan, keduanya mempunyai kemampuan yang hampir seimbang. Sebagai catatan, di tahun ini pasangan Jepang pernah mencicipi sebagai runner up pada kejuaraan Yonex Australian Open Grand Prix Gold 2011. Seandainya Rijal/Debby bisa menaklukkan pasangan Jepang, maka tantangan terbesar di babak kedua akan mereka hadapi. Kemungkinan besar mereka akan bertemu Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Finalis Thailand Open Grand Prix Gold 2011, pasangan Nova Widianto/Vita Marissa kembali harus bertemu lawan yang pernah mengalahkan mereka pada kejuaraan Yonex All England Open Badminton Championship 2011, Robert Mateusiak/Nadiezda Zieba.Kesempatan besar buat pasangan senior Indonesia yang baru bergabung kembali untuk membalas kekalahan mereka.
Satu-satunya pasangan ganda campuran Indonesia yang berada pada grup bawah, Fran Kurniawan/Pia Zebadiah mendapat undian yang kurang menguntungkan. Finalis Yonex Sunrise India Open Super Series 2011 ini akan bertemu unggulan keenam Tao Jiaming/Qing Tian asal China pada babak pertama. (AR)