Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Melatih di Negeri Paman Sam, Arya Maulana Banyak Temukan Hal Baru
08 Juni 2020
Melatih di Negeri Paman Sam, Arya Maulana Banyak Temukan Hal Baru
 
 

Sejak tahun 2017 lalu, mantan pemain Pelatnas PBSI Cipayung yang juga asuhan PB Djarum, Arya Maulana, menjadi pelatih di salah satu klub bulu tangkis di New Jersey, Amerika Serikat. Tak hanya melatih, Arya sesekali mengikuti turnamen lokal maupun international di negeri “Paman Sam” tersebut.

Saya sebenarnya mulai melatih di luar negeri dari tahun 2016, tepatnya di Kanada dan hanya satu tahun. Kemudian tahun 2017 dapat tawaran lagi melatih di Amerika dan alhamdulillah sampai saat ini,” ungkap juara ganda putra Asia Junior 2012 saat dihubungi Pbdjarum.org.

Nggak cuma ngelatih di sini, tapi juga kadang satu tahun ikut sampai lima turnamen lokal maupun international,” tambah pemain yang juga pernah menjadi pasangan Kevin Sanjaya tersebut.

Diakui pemain kelahiran Surakarta, 30 September 1995 itu, banyak pengalaman dan hal baru yang ia temui selama berkarir di sana.

Baca juga : Keluarga Mainaky di Bulu Tangkis

Tentunya saya mendapat banyak pengalaman dan mengetahui berbagai hal baru selama di sini. Saya jadi lebih bisa tahu tentang bulu tangkis di sini. Pokoknya saya mendapat wawasan lebih di sini,” ujarnya.

Arya pun menceritakan perbedaan kebiasaan pemain-pemain bulu tangkis di Indonesia dan di Amerika.

Kalau di Indonesia tuh anak-anaknya punya tujuan yang jelas, mereka benar-benar ingin masuk Pelatnas dan ingin menjadi pemain yang handal. Tetapi kalau di sini anak-anaknya hanya mengisi waktu luang karena tujuan utama mereka adalah sekolah setinggi mungkin. Jadi ketika sudah masuk ke universitas, mereka memilih untuk berhenti menjadi atlet bulu tangkis,” papar Arya. (ah)

Baca juga : Berkarir di Kanada, Jeka Jadi Jago Masak