Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Pertarungan Akbar di Awal Tahun 2011
05 Januari 2011
Pertarungan Akbar di Awal Tahun 2011
 
 

Turnamen bulutangkis dunia di tahun 2011 kembali dimulai ditandai dengan di gelarnya Final Super series yang berlangsung di Taipei tanggal 5-9 Januari 2011. Turnamen yang hanya bisa diikuti oleh 8 peserta yang memiliki peringkat tertingi berdasarkan keikutsertaan mereka pada ajang super series ini memperebutkan hadiah total USD 500.000,-

Masing-masing nomor pertandingan dibagi dalam dua grup dengan menggunakan sistem round robin untuk mencari juara dan runner up grup. Juara dan runner up grup berhak masuk ke babak semifinal. Di babak semifinal juara grup A akan menghadapi runner up grup B, dan Juara Grup B akan menghadapi runner up grup A. Masing-masing pemenang akan bertanding pada babak final.

Meiliana Jauhari/Greysia PoliiPB Djarum mempunyai satu pemain yang berhak tampil pada turnamen yang juga biasa disebut dengan Superseries masters, yakni Meiliana Jauhari. Meiliana Jauhari yang bermain di ganda putri bersama Greysia Polii mempunyai peringkat ke delapan dalam daftar peringkat Super series. Keduanya akan berada pada grup A bersama unggulan pertama dari Taipei Cheng Wen Hsing/Chien Yu Chin, unggulan [3/4] Anastasia Russkikh/Petya Nedelceva dari Rusia/Bulgaria serta pasangan Jepang Miyuki Maeda/Satoko Suetsena. Peluang Meiliana Jauhari/Greysia Polii untuk melaju ke babak semifinal sangat terbuka. Saingan terberat mereka ada pada unggulan utama dari Taipei, Cheng Wen Hsing/Chien Yu Chin. Dari dua kali pertemuan mereka yang terjadi pada tahun 2010, pasangan Indonesia belum bisa memenangi pertandingan, semua kemenangan di rebut pasangan Taipei. Tetapi tak mudah bagi pasangan Taipei untuk merebut kemenangan. Semua pertandingan selalu berjalan alot dan harus berakhir dengan rubber game.

Dengan unggulan [3/4] Anastasia Russkikh/Petya Nedelceva , pasangan Indonesia baru bertemu satu kali pada Djarum Indonesia Super Series 2010. Pasangan Indonesia waktu itu berhasil mengalahkan pasangan gado-gado Rusia/Bulgaria itu dengan rubber game. Sementara dengan pasangan Jepang, Miyuki Maeda/Satoko Suetsena, ini merupakan kali pertama pertemuan mereka. Pasangan Indonesia membuka persaingan di grup A dengan menantang pasangan Taipei terlebih dahulu. Sementara itu di grup B dua pasang ganda putri China berada dalam satu grup. Su Cheng/Yunlei Zhao yang menempati unggulan kedua berada satu grup dengan Wang Xiaoli/Yu Yang serta Duanganong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchakul dari Thailand dan Mizuki Fujii/reika Kakiiwa dari Jepang.

Persaingan di tunggal putra sedikit berkurang dengan ketidak hadiran “Super Dan”. Lin Dan yang hanya mengikuti 6 dari 12 turnamen Super Series berada pada peringkat ke 11. Indonesia di tunggal putra diwakili oleh Taufik Hidayat yang berada pada grup B bersama Chen Long [CHN], Bonsak Ponsana [THA] dan Du Pengyu [CHN]. Di Grup A tunggal putra, dua Denmark, Peter Hoeg Gade dan Jan O Jorgensen akan saling bersaing dengan unggulan utama Lee Chong Wei dari Malaysia dan Nguyen Tien Minh dari Vietnam.


MArkis Kido / Hendra SetiawanDi ganda putra, Markis Kido/Hendra Setiawan yang mengikuti 7 dari 12 rangkaian turnamen Super Series berada pada peringkat ke 7 dan berhak hadir pada Final Super Series. Peraih medali emas Asian Games 2010 ini berada pada grup B bersama unggulan utama Carsten Mogensen/Mathias Boe dari Denmark, unggulan [3/4] Lee Young Dae/Jung Jae Sung dari Korea dan Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu dari Taipei. Di grup A diisi dengan dua pasang dari China Zhang Nan/Chai Biao dan Cai Yun/Fu Haifeng serta unggulan kedua asal Korea Selatan Koo Sung Hyun/Yoo Yeon Seong dan unggulan [3/4] Koo Kean Keat/Tan Boon Heong dari Malaysia.

Indonesia juga menempatkan satu pasang ganda campuran yakni Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa. Semifinalis Denmark Super Series 2010 ini berada pada grup B. Sementara itu, di nomor tunggal putri menjadi Satu-satunya nomor yang tidak diikuti pemain Indonesia.

Grup A Tunggal putra :

Lee Chong Wei [MAS]
Peter Hoeg Gade [DEN]
Nguyen Tien Minh [VIE]
Jan O Jorgensen [DEN]

Grup B Tunggal Putra :

Chen Long [CHN]
Boonsak Ponsana [THA]
Taufik Hidayat [INA]
Du Peng Yu [CHN]
Grup A Tunggal putri :
Wang Shixian [CHN]
Bae Youn Jae [KOR]
Salakjit Ponsana [THA]
Yao Jie [NED]

Grup B Tunggal putri :

Wang Yihan [CHN]
Tine Baun [DEN]
Yip Pui Yin [HKG]
Petya Nedelceva [BUL]

Grup A Ganda putra :

Koo Sung Hyun/Yoo Yeon Seong [Kor]
Koo Kean Keat/Tan Boon Heong [MAS]
Zhang Nan/Chai Biao [CHN]
Cai Yun/Fu Haifeng [CHN]

Grup B Ganda putra :

Carsten Mogensen/Mathias Boe [DEN]
Lee Young Dae/Jung Jae Sung [KOR]
Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu [TPE]
Markis Kido/Hendra Setiawan [INA]

Grup A Ganda putri :

Cheng Wen Hsing/Chien Yu Chin [TPE]
Anastasia Russkikh/Petya Nedelceva [RUS/BUL]
Miyuki Maeda/Satoko Suetsena [JPN]
Meiliana Jauhari/Greysia Polii [INA]

Grup B Ganda putri :

Su Cheng/Yunlei Zhao [CHN]
Duanganong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchakul [THA]
Wang Ziaoli/Yu Yang [CHN]
Mizuki Fujii/reika Kakiiwa [JPN]

Grup A Ganda Campuran :

Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl [DEN]
Zhang Nan/Yunlei Zhao [CHN]
Songphon Anugritayawan/ Kunchala Voravichitchakul [THA]
Nathan Robertson/Jenny Wallwork [ENG]

Grup B Ganda Campuran :

Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam [THA]
Robert Mateusiak/Nadiezda Kostiuczyk [POL]
Ha Jung Eun/Ko Sung Hyun [KOR]
Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa [INA]