Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Rahmat/Berry Tempati Unggulan Kedua
14 Agustus 2012
Rahmat/Berry Tempati Unggulan Kedua
 
 

Pasangan ganda putra Pelatnas asal PB Djarum Rahmat Adianto/Berry Angriawan dihargai sebagai unggulan kedua pada kejuaraan Singapore International Series 2012. Pasangan yang kini menempati peringkat 70 dunia ini berada dipool bawah pada undian kejuaraan berhadiah total USD 5.000,-.

Pada kejuaraan bulutangkis yang pelaksanaannya mendekati perayaan hari raya Idul Fitri ini, Rahmat/Berry akan di dampingi oleh yuniornya Felix Kinalsal yang juga merupakan atlet jebolan PB Djarum. Pada turnamen yang akan akan di gelar mulai tanggal 14 Agustus 2012 dan berakhir pada tanggal 18 Agustus 2012, Felix akan bertandem dengan partner barunya di Pelatnas Hardi Hardianto. Sayangnya kedua pasangan ini berada dalam satu pool, dan jika tidak ada aral melintang keduanya kemungkinan akan berseteru di babak semifinal.

Perjalanan Rahmat/Berry di awali dengan menghadapi pasangan dari Malaysia Guang Yik Bong/Kein Hiung Chong. Dengan perbedaan peringkat dunia yang terpaut sangat jauh, mestinya ganda Indonesia mampu meredam permainan ganda Malaysia dan kemudian melenggang ke babak kedua. Di babak kedua, ganda Indonesia masih harus mengawasi permainan ganda Singapura, Pribadi Setia Atmaja/H C Jeffrey Wong atau ganda yang lolos babak kualifikasi. Pasangan Singapura ini mempunyai peringkat dan kemampuan bermain yang lebih baik di banding lawan yang di hadapi ganda Indonesia di babak pertama dan sempat mempersulit ganda utama Jepang Naoki Kawamae/Shoji Sato pada kejuaraan Singapore Open 2012 lalu. Seandainya kembali mampu menang, maka babak perempat final berada dalam genggaman mereka dan calon kuatnya adalah ganda dari China Taipei Lu Ching Yao/Tseng Min Hao yang menjadi unggulan ke enam. Selain bermain di ganda putra, Min Hao Tseng juga bermain di ganda campuran. Di ganda putra ia tercatat pernah menjadi semifinalis pada kejuaraan MMOA Koahsiung International Challenge 2010. Bagi Rahmat/Berry, Min Hao Tseng sudah tak asing lagi. Ganda Indonesia pernah menang pada kejuaraan Proton Malaysia International Challenge 2011. Hanya saja masa itu ia masih berpasangan dengan Po Juing Huang. Jika kembali menang maka tiket babak empat besar sudah menjadi milik mereka.

Bagi pasangan baru Felix Kinalsal/Hardi Hardianto, kejuaraan dengan kategori International Series ini merupakan ujian bagi mereka. Di babak pertama mereka langsung bertemu dengan ganda Malaysia yang telah memiliki peringkat jauh lebih tinggi. Calvin Jia Hong Ong/Wee Gleen Tan yang berperingkat 171 dunia yang akan mereka hadapi.  Jika mereka mampu membuat kejutan, dibabak kedua, ganda tuan rumah Zhao Jiang Terry Yeo/Liu Yi akanmenjadi lawan berikutnya. Inilah lawan pertama mereka dengan pasangan yang memiliki peringkat 100 besar dunia. Saat ini peringkat dunia Felix/Hardi masih tercecer pada 638 dunia.

Masih di pool bawah, Indonesia memiliki satu pasang ganda putra lainnya Erwin Rendana Purnomo/Dimas Kurniawan Trijayanto.

Di paruh undian atas, juga terdapat tiga pasang ganda Indonesia. Dua diantaranya berbaju unggulan, sementara satu pasang lagi bermain tanpa emblem unggulan. Dua pasang ganda yang di unggulkan merupakan ganda asal Pelatnas. Ronald Alexander/Selvanus Geh menempati unggulan kelima, sedangkan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf di hargai sebagai unggulan kedelapan. Kaizar Bobby Alexander dan Rafael Valentino, dua pemain yang bertanding di tunggal putra juga akan mencoba keberuntungan di ganda putra.  (AR)