Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Ahsan/Hendra Nomor Dua Dunia
16 Agustus 2013
Ahsan/Hendra Nomor Dua Dunia
 
 

Keberhasilan pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi juara Dunia 2013 membuat posisi mereka dalam daftar peringkat dunia bergerak naik. Tiga tangga mampu mereka raih setelah keberhasilannya merebut gelar juara di Guangzhou, China. Berdasarkan daftar peringkat yang di keluarkan oleh badan bulutangkis dunia (BWF) yang di rilis kamis kemarin (8/15), peringkat Ahsan/Hendra saat ini ada di urutan 2 dunia.

Peringkat Ahsan/Hendra hanya kalah dari ganda putra Korea Selatan Lee Yong Dae/Ko Sung Hyun yang bertengger di peringkat satu dunia. Selisih poin antar kedua pasangan ini yang tidak terlalu jauh membuat Ahsan/Hendra mempunyai peluang untuk menggusur pasangan Korea Selatan dari puncak pimpinan. Pasangan muda Indonesia, Angga Pratama/Rian Agung Saputra yang sukses menggebuk juara All England 2013, Liu Xiaolong/Qiu Zihan pada kejuaraan Dunia kemarin, harus tergeser mundur dua peringkat dari posisi ke-8 menjadi 10.

Juara Dunia ganda campuran 2013, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tak bergerak dari posisinya pekan lalu. Pasangan yang juga menjadi juara All England 2013 ini, masih tetap di peringkat 2 dunia. Berbekal menjadi Juara Dunia 2013, Tontowi/Liliyana semakin mendekati diri menuju rangking 1 dunia yang saat ini di huni pasangan China Xu Chen/Ma Jin. Tiga pasang ganda campuran Indonesia lainya masih tetap   menguasai peringkat 10 besar dunia. Juara Chinese Taipei Open Grand Prix Gold 2012, Muhammad Rijal/Debby Susanto juga tak mengalami kemajuan dalam peringkat yang di milikinya. Peringkat dunianya tak bergeser dari peringkat 6 yang di dapat minggu lalu. Hal yang sama juga di alami pasangan kakak beradik Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet yang  diam di peringkat 9. Pasangan asal PB Djarum Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati tergusur peringkatnya menjadi 11 dunia oleh pasangan Indonesia lainnya Riky Widianto/Richi Puspita Dili yang kini telah masuk peringkat 10 dunia.


Di tunggal putra, Tommy Sugiarto semakin memantapkan diri menjadi pemain top dunia. Peringkatnya pun bergerak mendekati  5 besar dunia. Jika minggu lalu ia masih berada di peringkat 8 dunia, di minggu ini juara Singapore Open Super Series 2013 naik menjadi peringkat 6 dunia. Pemain senior Sony Dwi Kuncoro semakin melorot dari 10 besar dunia. Turun dua peringkat dari minggu lalu, membuat peringkatnya menjadi ke-11 dunia.

Di barisan putri, pebulutangkis terbaik Indonesia saat ini Lindaweni Fanetri  turun satu peringkat menjadi 12 dunia. Aprilia Yuswandari juga mengalami hal yang sama. Ia turun dua peringkat dari minggu lalu dan kini menempati peringkat 23 dunia. Hanya Belaetrix Manuputy yang stabil di peringkat 28 dunia.

Di ganda putri, Pia Zebadiah Bernadeth/Rizky Amelia Pradipta menjadi pasangan Indonesia yang memiliki peringkat tertinggi. Dua pemain yang pernah menghuni Pelatnas Cipayung ini mampu menembus peringkat 6 dunia. Tiga pasang ganda putri Indonesia lainnya berdekatan di peringkat dua puluh besar. Gebby Ristiyani Imawan/Tiara Rosalia Nuraidah yang turun dua peringkat, tetap menjadi ganda putri terbaik kedua yang menempati urutan 18. Tepat di bawahnya, pemain asal PB Djarum Vita Marissa yang menggandeng Variella Aprilsasi. Sementara itu pasangan Della Destiara Haris/Suci Rizky Andini  turun menjadi peringkat 21 dunia. (AR)