Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tontowi/Liliyana Lolos Ke Babak Perempat Final
17 Juni 2011
Tontowi/Liliyana Lolos Ke Babak Perempat Final
 
 

Pasangan ganda campuran nomor satu Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir membuka peluang untuk meraih gelar juara setelah lolos ke babak perempat final kejuaraan Singapore Open Super Series 2011. Tontowi/Liliyana bermain cemerlang di babak ke dua. Mereka kembali mendepak pasangan China Ma Jin/Xu Chen hanya dalam dua game.

Awal game pertama pasangan Indonesia sedikit terseok-seok. Juara Yonex Sunrise India Open Super Series 2011 ini selalu tertinggal di belakang pasangan China dalam pengumpulan angka. Sampai jeda game pertama pun pasangan Indonesia tertinggal dengan 7-11. Setelah mendapat masukan dari pelatih pasangan Indonesia mulai bangkit. Mereka mulai mempercepat tempo permainan. Pasangan China seperti tak siap dengan perubahan pola permainan yang diterapkan pasangan Indonesia. Hasilnya pasangan Indonesia ganti menekan dan berbalik unggul. Setelah mampu menyamakan angka dengan 12-12, pasangan Indonesia langsung memenangkan game pertama dengan 21- 14.

Keadaan tidak berubah pada game kedua. Tak sedikit pun pasangan Indonesia merubah irama permainan. Pasangan China semakin tertekan dan tidak mampu bangkit. Perolehan angka ketat hanya berlaku di awal game kedua. Setelah angka sama 2-2, pasangan Indonesia melesat jauh meninggalkan pasangan China dengan 16-5. Tetapi pasangan Indonesia tak mau berlama-lama berada di karpet hijau. Segera pasangan ganda campuran terbaik Indonesia itu menutup game kedua dengan 21-10.

Pelatih ganda campuran Richard Mainaky mengakui bahwa strategi yang diterapkan anak asuhnya sudah benar. “Kita menang strategi, semuanya bisa diterapkan, “ ujar Richard.

“Kita memang mengincar Xu Chen yang menjadi titik lemah pasangan ini. Ia tidak cocok dengan bola-bola cepat,” tambahnya.

Sayangnya dua pasangan ganda campuran Indonesia lainnya tak mampu melangkah lebih jauh lagi. Muhammad Rijal/Debby Susanto harus mengakui keperkasaan unggulan utama Zhang Nan/Zhao Yunlei dengan 14-21, 18-21. Fran Kurniawan/Pia Zebadiah yang bermain apik di babak pertama dengan menumbangkan unggulan keenam, tak bisa menahan laju permainan gaya eropa yang di tampilkan pasangan dari Inggris Nathan Robertson/Jenny Wallwork. Fran/Pia menyerah dengan 18-21, 15-21.

Pada babak perempat final yang akan dilangsungkan pada hari Jumat, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan menghadapi pasangan dari Korea Selatan Lee Yong Dae/Ha Jung Eun. Sementara itu China sudah memastikan satu tempat di semifinal. Dua pasang ganda campuran China akan saling bertemu di babak perempat final untuk memperebutkan satu tiket di babak semifinal. (AR)